Stok Pangan di Sulut Aman Jelang Idulfitri

Mulyadi Pontororing    •    Rabu, 13 Jun 2018 16:19 WIB
panganRamadan 2018
Stok Pangan di Sulut Aman Jelang Idulfitri
Pedagang menunjukkan cabai merah. Antara/Sigid Kurniawan

Manado: Satuan Tugas Pangan Polda Sulawesi Utara memastikan ketersediaan pangan di Sulut relatif tercukupi jelang Idulfitri 1439 Hijriah. Tim telah berkoordinasi dan bekerja sama untuk memantau kondisi lapangan dengan Bulog Sulutgo dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sulut.

"Contohnya stok beras masih tersedia hingga 5,5 bulan ke depan sedangkan untuk bahan komoditas lainnya juga masih tersedia dan masih cukup stabil di bawah harga eceran tertinggi,” kata Kasubdit Indagsi Direktorat Kriminal Khusus Polda Sulut AKBP Yandri Makaminan Rabu, 13 Juni 2018, di Mapolda Sulut.

Distribusi pangan masih aman dan tidak ada gangguan. Khusus untuk distribusi di kepulauan, dia mengakui masih terpengaruh cuaca dan tergantung kapal yang menyeberang.

Guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, Satgas Pangan juga sering berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk para pedagang atau pengepul.

Misalnya harga daging ayam sempat naik pada pertengahan puasa. Pedagang bersedia menurunkan harga setelah berkoordinasi bersama Tim Satgas Pangan.

Begitu juga harga dengan harga cabe rawit yang naik pada awal puasa karena stok dari daerah Gorontalo berkurang. Seminggu berjalan sampai saat ini harga sudah kembali normal.

"Untuk saat ini atensi Satgas Pangan masalah penimbunan. Kita setiap hari mengecek juga melalui polres-polres. Jika ditemukan penimbunan akan kita proses sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Pihaknya terus berkomitmen utnuk menjaga harga-harga agar tidak naik, begitu juga ketersedian bahan pokok selalu terjaga.


(SUR)