Polda Sulut Bentuk Tim Anti-Teroris

Mulyadi Pontororing    •    Rabu, 06 Jun 2018 17:18 WIB
terorisme
Polda Sulut Bentuk Tim Anti-Teroris
ilustrasi Medcom.id

Manado: Kepolsian Daerah Sulawesi Utara membentuk tim khusus anti-teroris. Dibentuknya tim itu untuk mengantisipasi ancaman dan aksi terorisme di wilayahnya.

"Mekanisme dan sasarannya tidak bisa diekspose, yang jelas tujuannya untuk keamanan dan kertetiban masyarakat," kata Kabid Humas Polda Sulut Kombes Ibrahim Tompo kepada Medcom.id, Rabu, 6 Juni 2018, di Mapolda Sulut, Manado.

Meski begitu kata Tompo, antisipasi terhadap aksi-aksi terorisme juga telah dilakukan sejak sejumlah serangan bom yang terjadi beberapa waktu lalu. 

"Kita meningkatkan pengamanan baik di mako maupun di objek vital atau area publik," kata Tompo.

Menurutnya, aktivitas teroris dilakukan secara sembunyi-sembunyi sehingga polisi melakukan upaya preventif dengan peningkatan pengamanan.

"Kalau untuk upaya pencegahan metodenya beda lagi yakni dengan deteksi dini yang dilakukan intelijen. Di sini juga diperlukan partisipasi masyarakat," ujarnya.

Masyarakat, lanjut Tompo, bisa melaporkan jika melihat atau ada indikasi aktivitas mencurigakan tentang berkembangnya paham radikalisme atau paham ekstrem di wilayahnya. 

"Itu akan berguna bagi intelijen untuk mengkategorikan atau mengkualifikasikan bahwa aktivitas itu perlu dicurigai atau tidak," ujarnya.


(ALB)