Sebagian Calon Jemaah Haji Tunggu Perubahan Kurs Sebelum Pelunasan

Andi Aan Pranata    •    Kamis, 20 Apr 2017 09:36 WIB
haji 2017
Sebagian Calon Jemaah Haji Tunggu Perubahan Kurs Sebelum Pelunasan
Calon jemaah haji Sulawesi Selatan pada 2016 -- ANT/Sahrul Manda Tikupadang

Metrotvnews.com, Makassar: Sebanyak 5.076 calon jemaah haji Sulawesi Selatan telah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Jumlah tersebut sebanding dengan 69 persen dari total yang masuk daftar calon jemaah haji, yaitu 7.296 orang.

"Yang belum melunasi masih ada sekitar 2.000 orang," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Sulsel Abdul Wahid Tahir di Makassar, Kamis, 19 April 2017.

Wahid mengatakan, data tersebut berdasarkan laporan Panitia Penyelenggara Haji dan Umrah di 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Pelunasan BPIH tahap pertama dibuka pada 10 April 2017 dan akan ditutup 5 Mei 2017.

Tahun ini, kata Wahid, calon jemaah haji Sulsel dikenakan BPIH Rp35 juta lebih. Saat pendaftaran, calon jemaah disebut telah membayar setoran awal senilai Rp25 juta.

Meski periode pelunasan BPIH terbuka hingga tahap kedua pada Juni, calon jemaah haji diminta segera menunaikan kewajibannya. Terutama bagi yang telah memiliki cukup uang.

Pembayaran BPIH tahun ini seharusnya tidak membutuhkan waktu lama, sebab tidak lagi mengacu pada kurs dollar Amerika. "tapi, tetap saja ada yang menunggu dollar turun. Padahal tidak berpengaruh. Yang penting uangnya sudah siap, langsung setor saja," ujar Wahid.

Setelah pelunasan BPIH, Kemenang Sulsel bakal melanjutkan proses penyelenggaraan haji dengan perampungan berkas jemaah. Termasuk di antaranya pembentukan regu dan rombongan. Adapun penentuan kelompok terbang masih menunggu petunjuk dari pusat.

"Kloter akan dibicarakan lebih lanjut. Sebelum itu masih ada sejumlah proses, seperti pemeriksaan kesehatan dan perlengkapan lain yang dibutuhkan selama di tanah suci," pungkas Wahid.


(NIN)

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

KPK Yakin Mampu Jawab Argumentasi Praperadilan Novanto

11 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal memberikan jawaban atas gugatan praperadilan Setya Nov…

BERITA LAINNYA