Persediaan Beras di Sulsel Mencukupi Hingga Tiga Tahun ke Depan

Antara    •    Kamis, 03 Jan 2019 13:04 WIB
stok beras
Persediaan Beras di Sulsel Mencukupi Hingga Tiga Tahun ke Depan
Ilustrasi Petugas menunjukan stok beras di Gudang Bulog Baru Cisaranten Kidul Sub Divre Bandung, Jawa Barat, Senin (16/10/2018). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi.

Makassar: Persediaan beras yang berada di Bulog Sulawesi Selatan dinyatakan cukup hingga 37 bulan ke depan atau kurang lebih sampai tiga tahun ke depan. Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) HM Nurdin Abdullah mengatakan, berdasarkan laporan Kadivre Bulog ketersedian beras Sulsel aman, bahkan tetap menjadi penyuplai ke 23 provinsi di Indonesia.

"Jadi saya sekali lagi menyampaikan bahwa tidak perlu khawatir, stok beras untuk Sulawesi Selatan di Bulog. Kita mempunyai 37 bulan. Sekarang produksinya 108.000 ton," kata Nurdin seperti dilansir Antara, Kamis, 3 Januari 2019.

Nurdin menjelaskan, ada tren kebutuhan beras di Sulsel semakin meningkat, namun di negara maju justru berkurang, karena menghindari penyakit diabetes.

"Kalau kita di Indonesia kebutuhan beras kita meningkat, negara maju justru dikurangi, bahkan malam mereka sudah kurangi dan diabetes juga semakin naik. Nah ini penyuluhan kita," ujar Nurdin.

Sehingga, lanjut Nurdin, gagasan untuk menghadirkan varietas baru beras yang jika dikonsumsi tidak menimbulkan penyakit diabetes sangat diperlukan saat ini.

"Ini sekarang sudah hadir, cuma belum terpromosi. Jadi beras premium kita ini sebenarnya tidak memicu gula darah naik, bukan mengobati diabetes bukan, tidak memicu gula darah kita naik," ungkap Nurdin.


(DEN)