239 Nelayan Vietnam Dideportasi

Antara    •    Rabu, 04 Oct 2017 18:13 WIB
deportasi
239 Nelayan Vietnam Dideportasi
Ilustrasi--Sekitar 350 nelayan asing asal Vietnam yang terjaring Satgas 115 ilegal fishing di Natuna, Kepulauan Riau--MI/Hendri Kremer

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM, TNI AL, Polri, dan Bakamla, mendeportasi 239 nelayan Vietnam. Mereka diusir lewat Pangkalan PSDKP Batam, Kepulauan Riau, pada 4 Oktober 2017.

"Melalui koordinasi yang intensif antara KKP dengan Kedutaan Besar Vietnam di Jakarta, disepakati nelayan-nelayan yang bukan tersangka untuk segera dideportasi ke Vietnam," kata Plt Dirjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Nilanto Perbowo, Rabu 4 Oktober 2017.

Nelayan yang dideportasi ditangkap oleh Kapal Pengawas Perikanan KKP, TNI AL, dan Polri di dalam berbagai operasi. Status nelayan tersebut bukanlah tersangka, karena mereka adalah pencari ikan yang hanya menjadi saksi.

Nelayan-nelayan tersebut sebelumnya tinggal di beberapa tempat penampungan sementara. Seperti di Pangkalan PSDKP Batam, Satuan Pengawasan SDKP Natuna/Ranai, Pangkalan TNI AL Ranai dan Tarempa, Polair Polda Kalbar, Polair Natuna/Ranai, Kantor Imigrasi Natuna/Ranai, serta Rumah Detensi Imigrasi Pontianak.

Dalam proses deportasi itu, pemerintah Vietnam mengirimkan satu kapal Vietnam Coast Guard 8001 untuk membawa warganya kembali ke Vietnam. Deportasi yang dilakukan kali ini merupakan yang kedua pada tahun 2017.



Sebelumnya, pada tanggal 9 Juni 2017 dilakukan deportasi sebanyak 695 nelayan Vietnam dari Pangkalan PSDKP Batam.

Presiden Joko Widodo menegaskan berbagai pihak harus berani dalam melawan tindak pidana pencurian ikan di berbagai kawasan perairan nasional. Hal itu dalam rangka menjaga sumber daya laut Indonesia.

"Kita harus berani melawan pencurian sumber daya laut kita," ujar Presiden Jokowi dalam Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam Sidang Bersama DPD RI-DPR RI di Jakarta, Rabu 16 Agustus 2017.


(YDH)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA