Belasan Rumah di Tarakan Rusak Diterjang Longsor

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 05 Dec 2017 01:57 WIB
bencana alambencana longsor
Belasan Rumah di Tarakan Rusak Diterjang Longsor
Ilustrasi Tanah Longsor. medcom.id/Mohammad Rizal

Tarakan: Badan SAR Nasional (Basarnas) melaporkan belasan rumah warga di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, rusak akibat diterjang tanah longsor dan banjir sejak Minggu 3 Desember. Kepala Seksi Operasi Basarnas Kaltim-Kaltara, Octavianto menyatakn, bencana itu akibat hujan deras yang berkepanjangan.

"Jumlah rumah warga yang mengalami kerusakan sebanyak 18 buah yang mengalami kerusakan berat dan ringan dengan ratusan jiwa yang terpaksa dievakuasi," kata Octavianto, dilansir dari Antara, Senin 4 Desember 2017.

Octavianto menyatakan, banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Tarakan kali ini tergolong berat karena banyak warga yang mengalami luka ringan hingga berat. Luka diakibatkan tertimpa bangunan rumah yang ambruk, dan tertimbun tanah.

Selain itu, sejumlah ruas jalan tertutup oleh longsoran tanah. Belum lagi, pohon tumbang juga merusak jaringan listrik. Wilayah terdampak terpantau di  RT 13, RT 14, RT 20, RT 23, RT 32, RT 34, yang semuanya berada di wilayah Kelurahan Sebengkok.

Wilayah lain yang terdampak yakni RT 15, RT 26, RT 70 yang terletak di Kampung Bugis, Kelurahan Karang Anyar. Longsoran tanah sepanjang enam meter juga menerjang wilayah RT 6 Kelurahan Gunung Lingkas. Sedangkan, longsoran sepanjang 11 meter di RT 15, menimpa lahan palawija milik warga.

Laporan lainnya di Gunung Lingkas, longsor sepanjang 40 meter menutupi badan jalan di RT 10. Pohon tumbang juga mengakibatkan kabel telepon dan listrik rusak di wilayah itu. Selain itu, longsor sepanjang 15 meter di RT 17 menimpa tiga rumah, lalu longsor sepanjang delapan meter di RT 22 menyebabkan sembilan warga mesti dievakuasi.

Pohon tumbang di RT 22 dan akses jalan tertutup. Kemudian, tiga rumah di wilayah itu juga terdampak erosi dan membuat 12 jiwa terpaksa diungsikan. 

Di Kampung Makmur, Kelurahan Juata Laut terjadi longsor sepanjang delapan meter di RT 01 dam longsor sepanjang lima meter di RT 02. Sebuah rumah warga juga roboh akibat tanah longsor di RT 14. 

Sampai saat ini, tim SAR bersama instansi terkait dibantu warga masih melakukan pencarian jasad yang tertimbun tanah akibat longsor. Tim juga mengamankan rumah warga yang terdampak tanah longsor di sejumlah lokasi.


(AGA)

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

Aziz Pastikan Langkahnya Gantikan Novanto di DPR

20 minutes Ago

Aziz mengungkapkan tidak ada satupun pasal di UU MD3 dan Tata tertib DPR RI yang mewajibkan leg…

BERITA LAINNYA