Kasus Difteri di Tangerang Karena Orangtua Tak Imunisasi Anak

Farhan Dwitama    •    Selasa, 05 Dec 2017 12:01 WIB
klb difteri
Kasus Difteri di Tangerang Karena Orangtua Tak Imunisasi Anak
Seorang pelajar kelas satu sekolah dasar mendapat suntikan imunisasi Diphtheria (Dt). Foto: Antara/Saptono

Tangerang: Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menyebut kasus difteri masih ditemukan di Kota Tangerang karena sang penyitas tak diimunisasi. Orangtua yang enggan dan anti imunisasi  sebabkan tercatat ada 7 kasus difteri sepanjang 2017

“Masalah untuk Kota Tangerang, pertama orang tua tidak mengizinkan putra putrinya diimunisasi, Ada juga orang tua anti vaksinasi. Ini menjadi penyebab masih adanya kasus tersebut di Kota Tangerang,” jelasnya, Selasa 5 Desember 2017 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang.

(Baca: Wabah Difteri Menyerang Warga Tak Diimunisasi)

Penyakit yang berasal dari bakteri Corynebacterium diphtheriae sebenarnya bisa dicegah melalui vaksinasi DPT. Apalagi vaksin diberikan secara cuma-cuma di fasilitas pelayanan kesehatan yang ada.

“Immunisasi program prioritas baik pusat maupun Kota Tangerang , semua anggaran (vaksin dan coldchain) dibebankan ke APBN,” terang Liza.

Sementara yang didanai dari APBD melalui Kantor Dinas Kesehatan Kota Tangerang yaitu bahan penunjang dan biaya operasional tenaga medis. Tak sepersen pun biaya imunisasi dibebankan ke warga.

(Klik: Tujuh Pasien Difteri di Tangerang Sudah Sembuh)

Pada 2017, sedikitnya ada 591 kasus infeksi difteri yang dilaporkan oleh 20 provinsi. Angka kematian dari laporan tersebut sekitar 6 persen dari jumlah total kasus.

Salah satu pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan imunisasi Td atau tetanus difteri. Warga juga perlu memahami difteri menular dari manusia ke manusia.

(Berita terkait: Waspada Difteri di Masa Peralihan Musim)


(SUR)

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

Asep Iwan: Proses Hukum Terus Berlangsung Meski Setnov Bungkam

8 minutes Ago

Pakar hukum pidana Asep Iwan Iriawan menerangkan bahwa drama apapun tak akan mengganggu proses …

BERITA LAINNYA