Balai Karantina Gagalkan Penyelundupan 3.250 Bungkus Rokok ke Singapura

Farhan Dwitama    •    Sabtu, 18 Mar 2017 10:52 WIB
penyelundupanrokok
Balai Karantina Gagalkan Penyelundupan 3.250 Bungkus Rokok ke Singapura
Petugas Gagalkan Penyelundupan 3.250 Bungkus Rokok

Metrotvnews.com, Tangerang: Penyelundupan 3.250 bungkus rokok dari Indonesia tujuan Singapura digagalkan Jumat malam, 17 Maret 2017. Untuk mengelabui petugas, paket ilegal tersebut disembunyikan dalam 13 boks ikan segar yang sudah dibungkus rapi.

Petugas Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Jakarta I Gatrans Terminal I Kargo Bandara Soetta keburu mengendusnya. Petugas Mendapati dari 13 boks itu, ditemukan rokok dari berbagai merk seperti Gudang Garam, Sampoerna Mild, Malrboro, dan berbagai merk lain.

"Jadi, ini ketahuannya pada saat petugas kami tengah melakukan pengecekan fisik paket. Di bagian bawah paket berisi ikan kembung, selar dan bandeng ini, pelaku menyembunyikan ribuan bungkus rokok yang dikemas lagi agar tidak amis," terang Kepala BKIPM Wilayah I Jakarta, Bandara Soetta, Sitti Chadidjah, Sabtu 18 Maret 2017.

Modusnya sambung Sitti, pengiriman ikan tersebut dicampur dengan rokok dan pelakunya sudah terindentifikasi yaitu dari pemilik perusahaan atas nama CV NB dan supplier atas nama inisial R asal Tangerang.

“Taksiran kerugian negara sekitar kurang lebih 650 juta. Karena nilainya dihitung dari ikan itu sendiri dengan nilai rokok yang diselundupkan tersebut,” ungkap Sitti.

Dijelaskannya, tindakan tersebut merupakan pelanggaran pidana yang diatur dalam UU 16 tahun 1992 tentang Karantina Hewan, ikan dan Tumbuhan yaitu pasal 7 dan ketentuan tindak pidana pada pasai 31 ayat 1.


(ALB)