Ketua MPR Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Taman Nasional Way Kambas

Antara    •    Senin, 13 Nov 2017 08:39 WIB
taman nasional
Ketua MPR Ajak Masyarakat Jaga Kelestarian Taman Nasional Way Kambas
Sejumlah gajah berada di Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Lampung. ANT/Tommy Saputra.

Lampung: Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengajak masyarakat menjaga kelestarian Taman Nasional Way Kambas (TNWK). Zulkifli mengatakan, TNWK sangat kaya dengan keanekaragaman hayati.

"Mari kita jaga dan kita lestarikan Taman Nasional Way Kambas," kata Zulkifli Hasan saat menghadiri Festival Way Kambas 2017 di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas, Lampung Timur seperti dilansir Antara, Minggu 13 November 2017.

Ada banyak binatang di TNWK. Zulkifli mencontohkan populasi badak dan gajah yang semakin menipis. Belum lagi, satwa lain dan tanaman yang hanya ada di Indonesia. 

Masyarakat harus aktif menjaga kelestarian taman nasional. Hal ini tak dapat dibebankan kepada pemerintah secara keseluruhan. Karena, melestarikan alam adalah tanggung jawab seluruh pihak.

"Bukan urusan bupati atau Kementerian Kehutanan saja, tapi urusan semua masyarakat termasuk wartawan, harus ada kepedulian," kata Mantan Menteri Kehutanan itu.

Sebelumnya, pembukaan Festival Way Kambas 2017 di Pusat Konservasi Gajah Taman Nasional Way Kambas, Kabupaten Lampung Timur, Sabtu (11/11), diramaikan parade 17 ekor gajah jinak Way Kambas.

Parade 17 ekor gajah jinak Way Kambas sejauh sekitar 300 meter dari lokasi singgah untuk membawa Ketua PKB Muhaimin Iskandar dan Gubernur Lampung M Ridho Ficardho menuju panggung tempat dilangsungkannya pembukaan Festival Way Kambas 2017. Turut serta menunggang gajah, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim dan wakilnya Zaiful Bokhari dan Sekda Lampung Timur Syahrudin Putera. Parade gajah ini diiringi pawai budaya dan iringan Pasukan Pencak Silat Kuttau Lampung.



(DRI)