Bupati Solok Selatan Mewajibkan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan

Antara    •    Jumat, 22 Jan 2016 14:43 WIB
Berita BPJS Ketenagakerjaan
Bupati Solok Selatan Mewajibkan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Suasana kantor BPJS Ketenagakerjaan -- MI/Bary Fathahilah

Metrotvnews.com, Padang Aro: Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Solok Selatan, Sumatera Barat, meningkatkan sosialisasi terhadap rekanan agar mendaftarkan pekerjanya. Pendaftaran tenaga kerja ini juga menjadi syarat rekanan untuk menandatangai kontrak dengan pemerintah setempat.

"Instruksi Bupati Solok Selatan Nomor 3 Tahun 2015 baru keluar dan kita akan melakukan sosialisasi terhadap rekanan untuk mendaftarkan pekerjanya ke BPJS," kata Kepala Cabang Pembantu BPJS Ketenagakerjaan Solok Selatan Zulkarnaen di Padang Aro, Solok Selatan, Sumatera Barat, Kamis (21/1/2016).

Berdasarkan instruksi Bupati tersebut, semua perusahaan atau pengusaha, rekanan yang mempekerjakan tenaga kerja tetap, harian lepas, borongan, musiman, perjanjian kerja waktu tertentu, outsorsing, koperasi, yayasan, perguruan tinggi dan lembaga hukum seluruh tenaga kerjanya harus dilindungi atau telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

Selain itu, lanjut Zulkarnaen, untuk memperpanjang izin usaha atau perizinan lainnya setiap kegiatan proyek fisik jasa kontruksi baik yang dibiayai APBD maupun APBN harus mempersyaratkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan melampirkan dokumen kepesertaan.

"Perusahaan besar biasanya sudah mendaftarkan pekerjanya BPJS ketenagakerjaan, oleh sebab itu kita fokus Usaha Kecil Menengah (UMKM)," kata Zulkarnaen.

Instruksi bupati tersebut diharapkan dapat meningkatkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. "Pemerintah daerah mendukung semua tenaga kerja dijamin, dan kita berharap kepesertaan bisa meningkat setiap tahunnya," katanya.

Sejak Kantor Cabang Pembantu Solok Selatan diresmikan hingga sekarang, baru 40 orang peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sebanyak 40 peserta tersebut hanya didaftarkan untuk jaminan kecelakaan kerja, kematian, dan jaminan hari tua. Sedangkan jaminan pensiun belum ada.
 


(NIN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA