Gunung Agung Berstatus Waspada, Masyarakat Diminta Tenang

Raiza Andini    •    Kamis, 14 Sep 2017 19:09 WIB
erupsi gunung
Gunung Agung Berstatus Waspada, Masyarakat Diminta Tenang
Ilustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi

Metrotvnews.com, Karangasem: Kementerian ESDM menyatakan Gunung Agung berstatus waspada. BPBD Provinsi Bali meminta masyarakat di sekitar Gunung Agung untuk tetap tenang.

"Masyarakat serta pendaki, pengunjung dan wisatawan diharap untuk tetap tenang. Namun, tetap menjaga kewaspadaan dan tidak terpancing isu-isu Gunung Agung yang tidak jelas sumbernya," terang BPBD Kab Karangasem, I Komang Suartama lewat pernyataannya yang diterima wartawan, Kamis 14 September 2017.

Tim dari BPBD Karangasem dan Polsek Rendang Karangasem memeriksa aktivitas Gunung Agung bersama di Pos SAR Karangasem. Dari hasil pemantauan kasat mata, disimpulkan bahwa status Gunung Agung saat ini masih dalam kategori normal.

(Baca: Gunung Agung Bererupsi, Penerbangan di Bali Masih Aman)

Gempa yang dirasakan masyarakat adalah Gempa Tektonik Lokal yang dirasakan di sekitar Gunung Api Agung yang sifatnya fluktuatif.

Tim BPBD Karangasem meminta masyarakat di sekitar Gunung Agung menghentikan pendakian. Termasuk, pendaki dan wisatawan. Aktivitas pendakian dan berkemah juga dilarang di dalam area kawah Gunung Agung dan dalam radius 2,5 Km dari kawah puncak gunung.


(SUR)