Kelurahan di Kupang Diminta Menyediakan Penampungan Air

Antara    •    Selasa, 12 Sep 2017 11:08 WIB
kemarau dan kekeringan
Kelurahan di Kupang Diminta Menyediakan Penampungan Air
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Kupang: Kelurahan di Kupang, Nusa Tenggara Timur, diminta menyediakan penampungan. Hal ini untuk memudahkan petugas mendistribusikan air bersih.

"Wadah penampung menjadi tanggung jawab kelurahan, termasuk teknis pembagiannya kepada warga di kelurahan itu," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kupang Ade Manafe, Selasa 12 September 2017.

Ade mengatakan, penampungan air bisa berupa bak berukuran besar atau wadah lain yang memungkinkan bisa menampung air. "Kita sudah sampaikan ke kelurahan penerima bantuan untuk segera menyediakan wadah itu, karena air akan segera disalurkan dalam beberapa hari ke depan," lanjutnya.

Menurut Ade, saat ini warga di sejumlah kelurahan di enam kecamatan di Kupang mengalami krisis air bersih. Karenanya, Pemerintah Kota Kupang memberikan bantuan air bersih gratis secara langsung ke kelurahan.

Sejak 2016, ada 500 tangki air bantuan gratis untuk kelurahan yang mengalami krisis air bersih. Namun, pada 2017, bantuan air bersih menyusut menajdi 100 tangki.

Tahun ini, Pemerintah Kota Kupang melalui BPBD sedang mengajukan tambahan agar bantuan air bersih kembali menajdi 500 tangki. "Kita sudah usulkan permohonan tambahan di awal Juli. Saat ini, masih dalam penantian," katanya.

Selain bantuan air bersih, Pemkot Kupang juga berencana membangun sumur bor di sejumlah titik. Rencana pengadaan sumur bor itu sudah diusulkan ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta.

Dengan sumur bor itu, diharapkan mampu mengatasi bencana kekeringan yang dimungkinkan dialami warga setiap puncak kemarau. "Kita tak mungkin melawan musim yang datang begitu saja di saat waktunya. Langkah yang bisa dilakukan adalah mengantisipasinya dengan penyediaan sarana air bersih itu," katanya.


(NIN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

3 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA