Tebing Pura Uluwatu Retak, Pemda Kucurkan Rp25 M

Raiza Andini    •    Sabtu, 16 Sep 2017 13:01 WIB
Tebing Pura Uluwatu Retak, Pemda Kucurkan Rp25 M
Pura Uluwatu menempati lahan di sebuah tebing yang tinggi yang menjorok ke Samudera Indonesia dengan ketinggian sekitar 70 m di atas permukaan laut. Foto: Dokumentasi Perpustakaan Nasional RI

Metrotvnews.com, Badung: Tebing Pura Uluwatu retak dan berpotensi membahayakan umat Hindu Bali yang bersembahyang. Untuk mengantisipasi tebing pura ambrol, Dinas PUPR Pemkab Badung mengucurkan dana Rp25 miliar.

Dinas PUPR akan memperkuat dinding tebing yang mengalami keretakan. Rencananya akan dibuat tembok pembatas di objek wisata Pura Luhur Uluwatu selama proses pembuatan instalasi tersebut.

Dinas PUPR terpaksa merogoh anggaran hingga miliaran rupiah karen keretakan tebing sudah berlangsung lama. Bahkan, retakan yang saat ini terpantau lebih lebar dari laporan sebelumnya.

"Kajian sudah selesai. Kami segera lapor pimpinan untuk penganggarannya," kata Kepala Dinas PUPR Ida Bagus Surya Suamba kepada wartawan, Sabtu 16 September 2017.

Pemkab bakal mengeratkan tebing Pura Uluwatu dengan metode injeksi. Diperkirakan instalasi ini bertahan hingga setengah abad.

"Ini metode baru, sebab lazimnya metode suntik dilakukan di luar negeri," jelasnya.

Dia menyebut, keretakan tebing akan segera ditangani bila anggaran 2018 siap.
(SUR)