Jakarta Jadi Tujuan Pertama Pengiriman 1 Ton Sabu

Arga sumantri    •    Kamis, 13 Jul 2017 16:36 WIB
sabupenyelundupan narkotika
Jakarta Jadi Tujuan Pertama Pengiriman 1 Ton Sabu
Barang bukti sabu yang disita polisi. Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyelundupan 1 ton narkoba jenis sabu di Serang, Banten, digagalkan. Sabu disebut rencananya bakal diboyong para pelaku ke Ibu Kota.

"Yang jelas ini masuk ke Indonesia pasti ya ke Jakarta dulu," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan di Markas Polda Metro Jaya, Kamis 13 Juli 2017.

Iriawan menduga Jakarta hanya jadi lokasi transit para pelaku. Ia belum bisa memastikan kota mana lagi yang menjadi target penyelundup mengedarkan sabu. "Ini masih kita dalami," kata Iriawan.

Yang jelas, kata dia, mobil untuk mengangkut satu ton barang haram itu sudah disiapkan. "Mobil berbentuk bak tertutup," kata Iriawan.

Penyelundupan sabu seberat 1 ton digagalkan aparat gabungan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polres Depok. Penggerebekan dilakukan di Dermaga eks Hotel Mandalika, Jalan Anyer Raya, Serang, Banten.

Penyergapan bermula dari informasi anggota kepolisian Taiwan yang menyebut bakal ada pengiriman narkoba jenis sabu dari Tiongkok ke Indonesia. Tim lalu bergerak selama dua bulan menindaklanjuti informasi itu.

Baca: Pengungkapan 1 Ton Sabu Hadiah untuk Indonesia

Tiga pelaku dibekuk dalam penggerebekan, yakni Lin Ming Hui, Chen Wei Cyuan, dan Liao Guan Yu. Ketiganya merupakan warga negara Taiwan.

Lin Ming Hui tewas ditembak karena melawan dan membahayakan petugas saat penggerebekan. Ia merupakan bos alias pengendali penyelundupan 1 ton sabu ke Indonesia.

Satu pelaku lain masih buron, yakni atas nama Hsu Yung Li. Para pelaku diyakini sebagai jaringan internasional yamg terpusat di Tiongkok.

Dari tangan pelaku, polisi menyita total 51 kotak berisi sabu. Sebanyak 27 kotak di mobil Toyota Innova gold, dan 24 kotak di mobil Toyota Innova hitam. Setiap kotak berisi sekitar 20 kilogram sabu.




(UWA)