Kalsel Siapkan Lahan Lebih Luas dari Jakarta untuk Ibu Kota

   •    Kamis, 13 Jul 2017 13:45 WIB
pemindahan ibukota
Kalsel Siapkan Lahan Lebih Luas dari Jakarta untuk Ibu Kota
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/Rizal)

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Wacana pemindahan Ibu Kota Negara ke luar pulau Jawa terus bergulir. Pemerintah daerah pun ramai-ramai menyiapkan lahan.

Malah, Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor mengaku telah mengajukan proposal. Isinya, soal ketersediaan lahan seluas yang diminta pemerintah pusat untuk memenuhi syarat sebagai ibu kota negara.

"Sudah kita sampaikan. Selanjutnya tim dari kepresidenan yang akan menilai dan menetapkan," kata Sahbirin seperti dikutip Antara di Banjarmasin, Kamis, 13 Juli 2017.

Luasan lahan yang tersedia di Kalsel, katanya, lebih luas dibanding Jakarta yang kini hanya 60 ribu hektare. Namun, dia tidak memberikan angka pasti mengenai luasan lahan yang tertuang dalam proposal itu.

Yang jelas, dia tidak mau terlalu berharap ibu kota pindah ke Kalsel. "Masing-masing daerah di Kalimantan memiliki kelebihan dan kekurangan. Biarkan pemerintah pusat yang menilai," katanya.

Usulan juga diajukan oleh Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak. Usulan disampaikan Awang ketika memberikan laporan dalam acara Penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah Program Strategis Nasional Pembinaan dan Fasilitasi serta Kerja Sama Akses Reform oleh Presiden Jokowi di Balikpapan, Kaltim.

Soal pemindahan Ibu Kota Negara, Presiden Jokowi tak mau gegabah. Rencana ini perlu kalkulasi mendalam dari berbagai aspek. Tak bisa diputuskan dalam waktu segera.




(SAN)

KPK Pertimbangan <i>Second Opinion</i> Soal Setnov

KPK Pertimbangan Second Opinion Soal Setnov

3 hours Ago

KPK masih mempertimbangkan keterangan dokter atau pihak IDI terkait perawatan kesehatan yang se…

BERITA LAINNYA