Investasi Sulsel di Triwulan II Naik 159 Persen

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 28 Jul 2017 16:37 WIB
realisasi investasi
Investasi Sulsel di Triwulan II Naik 159 Persen
Kepala DPMD-PTSP Sulsel AM Yamin (kanan) --MTVN/Andi--

Metrotvnews.com, Makassar: Investasi di Sulawesi Selatan naik Rp4,689 triliun sepanjang triwulan kedua 2017. Angka itu melompat Rp2,9 triliun dibanding tiga bulan pertama tahun ini.

"Realisasi terkini naik 159 persen,” kata Kepala DPMD-PTSP Sulsel A.M. Yamin, Jumat, 28 Juli 2017.

Selama triwulan kedua, realisasi investasi di Sulsel tercatat sebanyak 200 proyek, didominasi penanaman modal asing (PMA) senilai Rp3,884 triliun. Adapun modal dalam negeri sebesar Rp805,148 miliar.

Yamin mengatakan, tren positif investasi juga tampak pada perbandingan year to year. Dibadingkan triwulan kedua 2016, realisasi tahun ini naik 302 persen. 

“Triwulan kedua di 2016 capaian investasi hanya sebesar Rp1,551 Triliun,” ujar Yamin.

Dinas mencatat, tahun ini investasi asing di Sulsel didominasi oleh sektor industri makanan; istrik, gas, dan air; serta transportasi gudang dan telekomunikasi. Sedangkan investasi dalam negeri rata-rata berkutat pada sektor listrik, gas dan air; perumahan, kawasan industri dan perkantoran; serta industri makanan.

“Dari luar negeri, Inggris, Hong Kong dan Singapura jadi penanam modal dominan,” Yamin menambahkan.

Tahun ini Sulsel menargetkan investasi senilai Rp9 Triliun, naik dari capaian tahun lalu sebesar Rp8,4 Triliun. Untuk menarik investor, pemerintah menerapkan sejumlah strategi dan kemudahan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

“Kami memang tidak bisa melampaui regulasi. Tapi dari sisi kecepatan dan transparansi, kami jamin melebihi teman-teman di daerah lain. Pemerintah juga senantiasa memperbaiki komunikasi dengan pengusaha agar mereka merasa punya partner yang baik,” kata Yamin.



(ALB)