Ridwan Kamil Mengaku Terkejut dengan Dukungan NasDem

Damar Iradat    •    Senin, 20 Mar 2017 03:27 WIB
pilkada jabar
Ridwan Kamil Mengaku Terkejut dengan Dukungan NasDem
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Foto: MTVN/Roni Kurniawan.

Metrotvnews.com, Jakarta: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengaku tidak memperkirakan keputusan Partai NasDem yang mendeklarasikan dirinya sebagai calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada Jabar 2018. Ridwan menilai, waktu pendeklarasian dengan Pilkada masih begitu panjang.

"Ada rasa kaget juga," tutur Ridwan Kamil dalam program Prime Time News di Metro TV, Minggu 19 Maret 2017.

Menurut pria yang Akrab disapa Emil itu, komunikasi dengan Partai NasDem sebetulnya sudah dilakukan sejak lama. Namun, pemilihan waktu Partai NasDem ini yang tidak diperkirakan Emil.

Kendati demikian, pria lulusan Institut Teknologi Bandung itu mafhum atas keputusan NasDem. Menurut dia, ada logika yang sudah dipertimbangkan matang-matang oleh NasDem.

"Saya hanya bisa mengucapkan terima kasih, karena aspirasi-aspirasi yang mau mendukung saya, ini memang sudah banyak di beberapa tempat, dan sudah terbuka," ujar dia.

Emil mengatakan, selain deklarasi dari NasDem, sebetulnya ada kelompok-kelompok masyarakat yang juga sudah mendukungnya bertarung dalam kontestasi Pilkada Jabar 2018. Dukungan itu berbentuk dari maraknya pernyataan dukungan di media sosial di berbagai wilayah.

Banyaknya dukungan yang diterima tidak membuat Emil sesumbar. Ia mengaku, sebagai orang yang tidak berpartai, dirinya hanya bisa mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang telah memberi dukungan agar dirinya maju pada Pilkada Jabar.

"Ada yang dukung mendukung, kan tidak mungkin ditolak. Santunnya, kita ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan, mungkin apa yang saya kerjakan di Bandung, menjadi inspirasi membawa perubahan lebih luas di skala yang lebih besar," tutur Emil.

Soal dukungan Partai NasDem, pria yang lama berprofesi sebagai arsitek ini mengaku sempat berbincang dengan bekas Gubernur Jawa Barat, Solihin GP. Emil meminta pendapat dari Solihin.

Dari pertemuan itu, Emil mengklaim jika Solihin menilai NasDem sebagai partai yang membela NKRI dan selalu membela Pancasila. Hal ini sejalan dengan platform yang Emil tengah lakukan di Bandung.

"Selama partai ini menegakkan Pancasila, selalu komitmen pada NKRI gitu kan, ekonomi kerakyatan dan sebagainya, saya kira itu platform yang memang sedang saya lakukan," tegas dia.

Minggu 19 Maret 2017 pagi, Partai NasDem mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil. Deklarasi dihadiri langsung oleh Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh dan Ketua DPW NasDem Jawa Barat, Saan Mustopa.

Surya menegaskan, dukungan NasDem kepada Emil tanpa mahar politik. NasDem bakal terus memberikan kesempatan putra-putri terbaik untuk berani bertarung di Pilkada.

"NasDem katakan tidak, setop cara politik itu," tegas Surya.


(SCI)