Ada Program Bedah Rumah, Veteran Merasa Dihargai

Deny Irwanto    •    Kamis, 21 Jan 2016 09:10 WIB
veteran
Ada Program Bedah Rumah, Veteran Merasa Dihargai
Salah satu veteran yang pernah tergabung dalam Intelijen TNI AL, Abdul La Bonga. (Metrotvnews.com/Deny Irwanto)

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Program Bedah Rumah untuk Veteran Pejuang Kemerdekaan yang dicetus Kementerian BUMN memberi manfaat nyata.

Dalam program bedah rumah ini, Jasa Raharja dan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) ditunjuk sebagai penanggungjawab, di Provinsi Bangka Belitung. Program bedah rumah ini, juga serangkaian dengan program HUT RI ke-70.

Salah satu veteran yang pernah tergabung dalam Intelijen TNI AL, Abdul La Bonga, 79, mengaku merasa terbantu dengan hadirnya program bedah rumah.

"Saya mengucapkan kepada BUMN dan khususnya Jasa Raharja besama Inalum. Tanpa beliau-beliau, tidak mungkin (rumah saya) seperti ini, terimakasih setinggi-tingginya, sangat terbantu sekali saya, merasa dihargai," kata Labonga di rumahnya, Pangkalpinang, Bangka Belitung, Rabu (20/1/2016).

Rumah La Bonga yang direnovasi, adalah bagian lantai, dinding, atap rumah, dan kamar mandi, juga beberapa ruangan lainnya. 

"Saya tinggal sendiri di sini, kitakan sudah berusia lanjut, jadi kegiatan juga sudah tidak ada. Kita andalkan untuk biaya makan itu dari dana kehormatan veteran setiap bulan," lanjut La Bonga.

Sedikit bercerita, selama masih aktif dalam intelijen, La Bonga mengaku, pernah mengikuti perang di Kuala Lumpur, Malaysia pada 1963.

"Saat itu diperbantukan untuk melawan Inggris, saya anggota Intelijen di bawah TNI AL," sambungnya.

Dia menuturkan, dirinya mengemban tugas berat yakni memantau pergerakan musuh. "Tugas pada pergolakan perang itu menyelidiki pertahanan musuh, di daerah operasi, tugas intelejen itu hanya tahu dan melapor, yang melaksanakan (menyerang) itu lain lagi," beber La Bonga.

Di Bangka Belitung, ada 15 rumah veteran yang diperbaiki, masing-masing rumah dibedah sesuai kebutuhan. Data para pejuang tersebut didapat dari kantor wilayah catatan veteran Bangka Belitung.

Sebelumnya pada Selasa, 19 Januari kemarin, Direktur Keuangan Jasa Raharja, Zayad Ghani bersama Direktur Umum dan SDM Inalum Carry E.F. Mumbunan menyambangi rumah salah satu veteran bernama Ibrahim, 86, di Jalan Raya Selindung, Sungai Liat, KM 9, Pangkal Pinang, Bangka Belitung.

Dalam kunjungannya, Ghani berharap, program ini bisa terus berjalan dan memberi banyak manfaat bagi para pejuang yang masih hidup.

"Kita enggak merubah banyak bentuk juga, kita perbaiki sesuai kemauan veteran. Mudah-mudahan ini selalu bisa bermanfaat," ungkap Ghani.

Dalam kesempatan yang sama, Carry mengatakan, program bedah rumah ini diharapkan bisa memberantas kemiskinan dan memberikan kenyamanan tempat tinggal para pejuang di masa tua.

"Sesuai arahan bu Menteri supaya kita bantu veteran berantas kemiskinan. Masa pejuang sepertinya tidak merasakan kemerdekaan itu," ucap Carry.


(LDS)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA