Rini Pantau Kontribusi BUMN untuk Bencana Sulteng

Surya Perkasa    •    Rabu, 10 Oct 2018 19:17 WIB
bumnGempa Donggala
Rini Pantau Kontribusi BUMN untuk Bencana Sulteng
Menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi Pelabuhan Taipa, Palu -- Foto: Medcom.id/ Surya Perkasa

Palu: Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno kembali mendatangi Palu, Sulawesi Tengah. Rini memantau kontribusi BUMN untuk mempercepat rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana.

"Saya sangat bangga dan senang, BUMN-BUMN telah bekerja keras dan bersinergi mendukung upaya pemulihan Palu usai gempa dan tsunami," kata Rini di sela-sela kunjungannya ke Kota Palu dan Sigi, Rabu, 10 Oktober 2018.

Rini datang sejak Selasa, 9 Oktober 2018, untuk melihat pemulihan layanan BUMN ke masyarakat. Dia mendatangi salah satu usaha pangan di Palu untuk menanyakan pasokan gas yang diakui warga telah lancar.

Pasokan gas juga sudah disokong dua stasiun pengisian bulk elpiji (SPBE) di Palu dan satu di Donggala. Sebanyak 11 dari 12 agen di Kota Palu juga sudah beroperasi normal.

PT Pertamina telah mengoperasikan satu stasiun pengisian bahan bakar (SPBU) di Sigi, tujuh SPBU di Parigi Moutong, tiga SPBU di Mamuju Tengah dan tiga SPBU di Mamuju Utara. Satu SPBU di Sigi rusak parah karena dilewati sesar Palu Koro.

Sementara dua SPBU di Palu memerlukan perbaikan karena terdampak gempa. Sisanya dapat beroperasi normal.

Dari sisi telekomunikasi, Telkom mencatat pemulihan BTS sudah mencapai 91 Persen. Sedangkan layanan Telkom Backbone & Metro sudah 100 Persen.

PT PLN (Persero) melaporkan pemulihan Listrik di Palu mencapai 100 persen. Tujuh gardu induk beroperasi dan didukung dengan 1.533 gardu distribusi.

PLN juga mengerahkan sebanyak 66 unit genset dan didistribusikan ke daerah Palu, Donggala dan Sigi. "Terima kasih kepada PLN yang bekerja sigap karena listrik menjadi menjadi salah satu perhatian utama kita," kata dia.

Layanan perbankan BNI, Mandiri, BRI, dan BTN sudah beroperasi maksimal. Sebagian besar jaringan anjungan tunai mandiri (ATM) di Palu, Sigi, dan Donggala sudah beroperasi.


Menteri BUMN Rini Soemarno saat mengunjungi Pelabuhan Taipa, Palu -- Foto: Medcom.id/ Surya Perkasa

Bantuan untuk Warga

Rini juga memantau kontribusi BUMN bagi warga Sulteng yang terdampak gempa. Dia mendatangi sejumlah posko bantuan BUMN bagi warga dalam kunjungan dua harinya di Sulteng.

Rini mendatangi posko pengungsian yang dimiliki PLN di kantor wilayahnya. Dia juga mendatangi posko pemulihan trauma bagi anak-anak korban bencana milik Bank Mandiri di Taman Vatulemo, Palu.

Dia juga mendatangi posko utama yang dikelola bersama BNI, Waskita Karya, Wijaya Karya, Biofarma, Kimia Farma, dan BTN. Posko ini menyediakan 1.000 nasi bungkus per hari dan pengobatan gratis bagi warga. Rini juga mendatangi posko pengungsian yang dikelola Telkom.

Rini juga sempat mendatangi wilayah terdampak di Jono Oge dan Sibalaya, Kabupaten Sigi. Dia  berbincang dengan sejumlah warga dan sempat berkomunikasi dengan Bupati Sigi Mohammad Irwan.

Total bantuan CSR dan Bina Lingkungan BUMN telah mencapai Rp24,8 miliar. Nilai tersebut berasal dari 19 BUMN, yakni Telkom, BRI, Mandiri, BTN, PLN, Pupuk Indonesia, Bandha Gara Reksa, Taspen, Adhi Karya, Hutama Karya, Bukit Asam, Pertamina, Wijaya Karya, BNI 46, TWC, Angkasa Pura I, Jamkrindo, PTPN Holding, dan Surveyor Indonesia.


(Des)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

5 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA