Sambut Harkitnas, Narapidana Mengecat Rutan Jambe Tangerang

Hendrik Simorangkir    •    Minggu, 20 May 2018 13:48 WIB
narapidana
Sambut Harkitnas, Narapidana Mengecat Rutan Jambe Tangerang
Sejumlah narapidana mengecat Rutan Jambe dalam rangka meyambut hari Kebangkitan Nasionall

Tangerang: Menyambut Hari Kebangkitan Nasional, petugas rumah tahanan (Rutan) Klas 1 Jambe, Tangerang, bersama 1.956 narapidana mengecat rutan. Rutan Jambe diubah menjadi warna merah, melambangkan keberanian dan kebangkitan, yang sebelumnya warna tersebut biru dan putih.

Kepala Rutan Klas 1 Tangerang Dedy Cahyadi mengatakan kegiatan ini dicanangkan oleh Dirjen pemasyarakatan untuk mengecat seluruh rutan dan lapas di Indonesia.

"Kegiatan ini memberikan semangat baru pada seluruh jajaran dan juga memberitahukan kepada seluruh masyarakat bahwa dalam rangka Kebangkitan Nasional ini kami punya kegiatan, yaitu merah putih narapidana bakti kepada negeri," ujar Dedy di Rutan Jambe, Kabupaten Tangerang, Minggu 20 Mei 2018. 

Dedy menjelaskan, kegiatan itu digelar untuk membuktikan bahwa narapidana di seluruh Indonesia juga masih bagian dari masyarakat. Pada dasarnya, lanjutnya, mereka hanya insan yang salah pergaulan dan tidak seburuk stigma yang tercipta dari seorang narapidana.



"Narapidana dan tahanan yang ada tidak semua mempunyai perilaku yang tidak terpuji, tapi mereka punya potensi juga untuk bisa berbakti kepada negeri, mempunyai nasionalisme, dan kami sebagai petugas pemasyarakatan mempunyai komitmen yang lebih dari mereka untuk bisa mengarahkan mereka," jelas Dedy.

Dedy menambahkan, narapidana dapat kembali ke jalan yang benar, karena pasalnya mereka hanya salah berbuat.

"Tahanan dan napi bukan berarti manusia yang tidak bisa kembali ke jalan yang benar, hanya salah jalan, dan ditempat ini mereka bisa untuk merubah perilaku yang sebelumnya kurang baik menjadi perilaku yang lebih baik," katanya.

Pantauan dilokasi, 1.956 narapidana saat ini masih melakukan pengecatan di Rutan Jambe dengan diawasi oleh beberapa petugas yang turut serta membantu. Kegiatan ini pun, akan dilaksanakan serentak di Rutan dan Lapas se-Indonesia pada hari ini.


(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA