Dua Tol di Tangerang akan Uji Coba Ganjil Genap

Hendrik Simorangkir    •    Jumat, 13 Apr 2018 16:58 WIB
sistem ganjil genap
Dua Tol di Tangerang akan Uji Coba Ganjil Genap
Kepala Dishub Kota Tangerang Saeful Rohman saat memasang spanduk pemberitahuan ganjil genap di tol Kebon Nanas Tangerang. (Medcom.id/Hendrik S)

Tangerang: Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang akan memberlakukan uji coba ganjil genap di dua pintu tol di Tangerang. Kedua pintu tol tersebut yakni Tol Tangerang 2 dan Tol Kunciran yang akan diberlakukan.

"Di Tangerang ada dua pintu gerbang tol yaitu tol Tangerang 2 dan tol Kunciran yang diberlakukan ganjil genap. Sementara untuk Tol Karawaci, Tol Green Lake, dan Tol Bitung tidak diberlakukan," kata Kepala Dishub Kota Tangerang Saeful Rohman, Jumat, 13 April 2018. 

Baca: Dishub Tangerang Siapkan Rekayasa Jelang Uji Coba Ganjil-Genap

Saeful menjelaskan volume transaksi lalu lintas keluar tol Tangerang-Jakarta terbilang cukup tinggi. Itu terlihat dari data Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). 

"Untuk tol Kunciran volume transaksi dari pukul 06.00-09.00 WIB sebanyak 3.790 kendaraan. Sedangkan untuk tol Tangerang 2 ada 3.433 transaksi di waktu yang sama," jelas Saeful. 

Baca: Uji Coba Ganjil Genap Tol Tangerang tanpa Penindakan

Uji coba penerapan aturan ganjil genap itu sendiri akan diberlakukan pada 16 April 2018, pihaknya berharap masyarakat beralih kepada angkutan umum untuk mengurangi padatnya lalu lintas. 

Dishub Kota Tangerang pun telah menyediakan kantung parkir di tiga lokasi yakni Terminal Poris Plawad, Stasiun Tangerang, dan Stasiun Tanah Tinggi. Ketiganya pun menyediakan sarana angkutan untuk mengangkut para pengendara menuju Jakarta.


(ALB)