Alum Diserahkan ke Kedubes Argentina

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 07 Feb 2018 14:00 WIB
argentinaanak hilang
Alum Diserahkan ke Kedubes Argentina
Elizabeth membawa foto Alum. (Foto: The Star)

Makassar: Alum Langone Avalus, bocah hilang asal Argentina yang ditemukan di Tana Toraja, Sulawesi Selatan, bisa segera bertemu dengan keluarganya. Interpol Indonesia sudah menyerahkan perempuan berusia tujuh tahun itu kepada Kedutaan Besar Argentina, Rabu, 7 Februari 2018.

Penyerahan ditandai penandatanganan berita acara oleh Sekretaris NCB Interpol Indonesia Brigjen Napoleon Bonaparte dan Duta Besar Argentina untuk Indonesia Martin Costanzo di Markas Polda Sulsel, jalan Perintis Kemerdekaan, Makassar.

"Sesuai permintaan penegak hukum Argentina dan Yellow Notice Interpol, Alum sudah diselamatkan," kata Napoleon.

Baca: Bocah Argentina yang Diculik Ditemukan di Toraja

Alum ditemukan petugas polisi di salah satu daerah kabupaten Tana Toraja, Selasa, 6 Februari, siang. Dia dibawa oleh ayah kandungnya, Jorge Langone, yang ditemani wanita bernama Candela Gutierrez. Orang tua bocah itu diketahui telah berpisah dan hak asuh dipegang ibu kandungnya, Elizabeth.

Sang ayah bersama rekan perempuannya kini tengah ditangani oleh Imigrasi Kelas I Makassar dan Polda Sulsel. Sebab selain dituduhkan membawa lari Alum tanpa izin, juga diduga mereka masuk ke Indonesia secara ilegal atau tanpa Paspor dan visa.

Duta Besar Argentina untuk Indonesia Martin Costanzo sangat mengapresiasi kesigapan pemerintah dan kepolisian untuk mencari dan menemukan Alum.

Martin mengatakan penemuan dan penyelamatan bocah Alum sangat penting bagi Argentina. Lalu, persoalan hukum Alum akan diserahkan sepenuhnya pada peradilan di Argentina.

"Terima kasih untuk Pemerintah Indonesia. Terkhusus Polri,  Polda Sulsel Interpol, Kemenlu, Kapolres Toraja, dan orang Indonesia," kata Martin.


(ALB)