Satu Desa Terisolir Akibat Erupsi Gunung Karangetang

Mulyadi Pontororing    •    Kamis, 07 Feb 2019 14:07 WIB
erupsi gunung
Satu Desa Terisolir Akibat Erupsi Gunung Karangetang
Tim SAR BPBD Sulawesi Utara mulai menyalurkan bantuan logistik ke pengungsi akibat erupsi Gunung Karengetang, di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. Medcom.id/Mulyadi Pontororing

Manado: Desa Batubulan, Kecamatan Siau Barat-Utara, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, paling terdampak akibat erupsi Gunung Karangetang. Desa tersebut terisolir akibat aliran lava.

"Lava dari Gunung Karangetan telah menutup akses jalan keluar masuk desa tersebut sehingga proses evakuasi harus tak bisa lewat jalur darat," kata Kepala Bidang Perencanaan BPBD Sulawesi Utara Edwin Monding kepada Medcom.id di Manado, Kamis, 7 Februari 2019.

Proses evakuasi dilakukan lewat jalur laut. Pihaknya dibantu Basarnas Manado, TNI-Polri serta pemerintah daerah. Tim dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana telah turun ke lapangan.

"Tim dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akan turun besok guna melihat perkembangan aktivitas gunung," ujarnya.

Baca: Gunung Karangetang Terus Muntahkan Lava Panas

Jumlah pengungsi saat ini berjumlah 132 jiwa dan ditampung di lokasi pengungsian sementara di Gereja Nasareth, Niambangeng. Pengungsi rencananya akan dipindah di shelter BPBD Sitaro, di Ondong.

"Kami juga sudah mengirimkan bantuan logistik kebutuhan dasar untuk para pengungsi dan proses evakuasi masih berlangsung," pungkasnya.

 


(SUR)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA