Tahanan asal Peru Kabur dari PN Denpasar

Raiza Andini    •    Selasa, 16 May 2017 18:11 WIB
tahanan kabur
Tahanan asal Peru Kabur dari PN Denpasar
Jose William, tahanan asal Peru yang membobol ATM, kabur dari PN Denpasar, dok: istimewa

Metrotvnews.com, Denpasar: Seorang tahanan kasus pembobolan mesin ATM asal Peru bernama Jose William Salasar Ortis kabur dari Kantor Pengadilan Negeri Denpasar, Bali. Sedianya Jose menjalani sidang di Pengadilan Negeri Denpasar pada Selasa sore 16 Mei 2017.

Sebelum sidang, sekira pukul 15.20 Wita, Jose meminta izin ke kamar mandi yang berada di dalam ruang isolasi PN Denpasar. Namun Jose tak kunjung keluar dari kamar mandi.

"Tahanan lain merasa curiga akhirnya mendobrak pintu kamar mandi dan terlihat ventilasi telah dalam keadaan jebol atau terbuka," ungkap Kanit Reskrim Polsek Denpasar Barat, AKP Aan Saputra.

Kemudian seorang tahanan berteriak menyebutkan Jose kabur lewat ventilasi. Petugas lantas memburu Jose hingga ke pusat perbelanjaan yang berlokasi dekat dengan PN Denpasar.

Jose harusnya menjalani sidang dengan pembacaan agenda tuntutan. Namun sidang ditunda lantaran Jose keburu kabur sebelum menjalani sidang.

"Berdasarkan Informasi di lapangan diperoleh informasi terdakwa yang kabur menaiki taksi Komotra dengan nomor lambung 230. Tahanan diturunkan di Ubung," ujar Aan.

Jose merupakan satu dari tiga warga negara Peru yang kepergok membobol mesin ATM di sebuah minimarket di Jalan Tangkuban Perahu, Denpasar Barat. Mereka menggunakan las dan cairan untuk membobol mesin ATM.

Setelah menggasak uang senilai Rp117,5 juta, ketiganya lantas kabur ke Surabaya. Jawa Timur. Mereka kemudian beraksi lagi dengan membobol mesin ATM di Surabaya. 

Mereka menggondol uang Rp388,2 juta. Lalu mereka kabur ke Jakarta.

Di Jakarta, polisi membekuk di sebuah hotel di Jakarta. Polisi menyita barang bukti berupa kotak mesin ATM dalam kondisi rusak dan dua sepeda motor. Mereka terancam hukuman paling lama sembilan tahun sesuai Pasal 363 KUHP.


(RRN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

14 hours Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA