Inggris Kaji Kerja Sama Infrastruktur dan Pendidikan dengan Sulsel

Andi Aan Pranata    •    Jumat, 16 Jun 2017 16:38 WIB
kerjasama bilateral
Inggris Kaji Kerja Sama Infrastruktur dan Pendidikan dengan Sulsel
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik bertemu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo -- MTVN/Andi Aan Pranata

Metrotvnews.com, Makassar: Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik bertemu Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. Pada pertemuan tersebut, kedua pihak bersepakat menjajaki kerjasama di sektor infrastruktur dan pendidikan.

"Kami ingin mempererat hubungan dengan Sulsel karena provinsi ini punya peranan penting untuk kemajuan Indonesia, khususnya di kawasan timur," kata Malik usai pertemuan di Rumah Jabatan Gubernur, jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Sulsel, Jumat 16 Juni 2017.

Menurut Malik, kerja sama di bidang infrastruktur bukan hanya dalam bentuk pendanaan atau investasi. Hubungan akan lebih menitikberatkan dukungan Inggris terhadap Sulsel dalam mengembangkan konsep infrastruktur berkualitas dunia, seperti pada proyek pelabuhan atau bandar udara.

Sedangkan, di bidang pendidikan, Inggris bakal mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia lokal. Terutama kapabilitas tenaga pendidik dalam berbahasa asing, agar punya nilai lebih.

"Indonesia akan sangat tergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Tidak hanya pendidik, tapi juga dimulai dari siswa di sekolah menengah," ujar Malik.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo mengaku senang dengan kunjungan perwakilan Inggris ke daerahnya. Komunikasi tahap awal ini segera ditindak lanjuti dengan merumuskan nota kesepahaman antara kedua pihak.

"Kita segera tindaklanjuti, karena keduanya sama-sama membutuhkan. Kita butuh, Inggris juga butuh," katanya.

Syahrul mengatakan, cukup antusias dengan tawaran kerja sama Inggris, utamanya di bidang pendidikan. Diharapkan, nantinya universitas di Inggris bisa jadi tempat untuk training tingkat tinggi atau high level bagi para pejabat dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.


(NIN)