Pangkalpinang Krisis Sumber Air Baku

Rendy Ferdiansyah    •    Kamis, 10 Aug 2017 11:09 WIB
kemarau dan kekeringan
Pangkalpinang Krisis Sumber Air Baku
Ilustrasi

Metrotvnews.com, Pangkalpinang: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pangkalpinang menyebutkan, Pangkalpinang saat ini sedang mengalami krisis sumber air baku. Pasalnya, sumber air baku yang ada sudah rusak akibat aktifitas pertambangan.

"Dulu sumber air baku kita ada di daerah bukit Mangkol. Tapi, kondisinya sekarang sudah rusak. Harapan kita saat ini hanya PDAM saja," kata Kepala BPBD Pangkalpinang Mikron Antariksa, Kamis 10 Agustus 2017.

Guna mengatasi krisis air baku, Pangkalpinang berencana membangun waduk di daerah Selindung. Waduk ini bakal menggunakan sistem water treatment atau sistem pengolahan air asin ke air tawar.

"Sekarang sedang proses pembuatan DED (Detail Engineering Design). Kita harapkan waduk di Selindung ini dapat menjadi sumber air baku baru untuk Pangkalpinang," ungkap Mikron.

Menurut Mikron, di Pangkalpinang ada beberapa daerah yang sudah mulai terdampak kekeringan, di antaranya Ketapang di Kecamatan Pangkalbalam dan Bukit Besar di Kecamatan Girimaya.

"Untuk saat ini, kita sudah siapkan 10 mobil tangki air untuk suply air bersih ke warga yang terdampak kekeringan. Sumber air yang kita gunakan dari PDAM," tutup Mikron.


(NIN)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA