Kepala Dinas Pendidikan: Moratorium UN masih Sebatas Wacana

Jaenal Mutakin, Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 29 Nov 2016 10:53 WIB
pendidikan
Kepala Dinas Pendidikan: Moratorium UN masih Sebatas Wacana
Siswa MAN 1 Pekalongan tengah mengikuti Ujian Nasional 2016, MTVN - Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tegal, Jawa Tengah, belum mengambil langkah apapun terkait moratorium Ujian Nasional (UN) 2017. Sebab, Disdik belum menerima pemberitahuan resmi mengenai UN.

Kepala Disdik Kota Tegal Johardi mengaku mendapat kabar soal moratorium. Tapi, informasi itu tak resmi dan belum berupa kebijakan.

"Kalau ada kebijakan pasti akan diberitahukan secara resmi. Saya kira ini (moratorium UN) baru sebatas wacana," kata Johardi di Tegal, Selasa (29/11/2016).

Menurut Johardi, UN memiliki sisi positif dan negatif. Sebagian pelajar menilai UN bagai momok. Tapi bila pelaksanaannya tepat, UN bakal menjadi ukuran kualitas pendidikan.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan atau Aher menunggu instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan soal moratorium UN. 

Aher mengaku belum mengeluarkan kebijakan soal moratorium. Meski demikian, ia siap melaksanakan kebijakan itu bila sudah mendapat instruksi dari pusat.

"Kita sih siap aja, tinggal nunggu perintah dari pusat," kata Aher di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Selasa (29/11/2016).

Yang jelas, kata Aher, Pemprov kini sedang mengutamakan tugas terkait pengelolaan SMA. Sebab di 2017, pemerintah provinsi mengambil alih pengelolaan SMA dari pemerintah kabupaten dan kota. 


(RRN)