Bandara Abreso Bisa Menjadi Solusi di Manokwari

Anggi Tondi Martaon    •    Selasa, 12 Sep 2017 16:32 WIB
berita dpr
Bandara Abreso Bisa Menjadi Solusi di Manokwari
Wakil Ketua Komisi V DPR Michael Wattimena saat peletakan batu pertama Bandara Abreso. Foto: dok DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah mulai membangun Bandara Abreso di Manokwari Selatan, Papua Barat. Bandara ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan transportasi udara di Papua Barat, khususnya Manokwari Selatan.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR Michael Wattimena saat acara peletakan batu pertama pembangunan Bandara Abreso. Menurutnya, Bandara Rendani Manokwari masih memiliki banyak kekurangan dan sering terkendala saat pesawat take off dan landing.

Kendala take off dan landing di Bandara Rendani di Manokwari sangat berdampak pada waktu tempuh penerbangan. Jika terjadi masalah, take off dan landing perjalanan udara dialihkan ke Sorong atau Biak yang membutuhkan waktu tempuh cukup lama.

"Dengan adanya pembangunan yang diinisiasi Pemerintah Manokwari Selatan bisa menjadi alternatif yang paling sejuk. Jarak tempuh dari Rendani Manokwari ke Abreso, tidak lebih dari 15 menit,” kata Michael dalam keterangan tertulis, Selasa 12 September 2017.
 
Dia yakin, keberadaan Bandara Abreso bisa mengurai penumpukan penumpang di Bandara Rendani. Micahel menyebutkan, masyarakat dan pemerintah daerah berharap pembangunan Bandara Abreso secepat mungkin.

Micahel tidak bisa memastikan waktu pembangunan Bandara Abreso, karena sangat berhubungan dengan anggaran.
 
Bupati Manokwari Selatan Markus Waran menjelaskan bahwa pembangunan Bandara Abreso merupakan inisiatif pemerintah daerah. Dia ingin Bandara Abreso bisa menjawab kesenjangan konektivitas antar wilayah di Manokwari Raya.
 
“Dari Bintuni, Pegunungan Arfak, dan Wondama menuju Ibu Kota Provinsi Manokwari akan melewati Kabupaten Manokwari Selatan. Kami berharap dengan adanya beberapa infrastruktur yang akan kami bangun, terutama bandara, bisa menjawab kebutuhan dan kesenjangan selama ini,” kata Markus Waran.


(TRK)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

3 hours Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA