Tawarkan Pemandangan Eksotis, Toraja Marathon Target 1.500 Peserta

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 03 May 2017 20:19 WIB
marathon
Tawarkan Pemandangan Eksotis, Toraja Marathon Target 1.500 Peserta
Konferensi pers ajang sport tourism Toraja Marathon 2017, Rabu 3 Mei 2017.--MTVN/Andi--

Metrotvnews.com, Makassar: Dua kabupaten tujuan wisata di Sulawesi Selatan, yakni Tana Toraja dan Toraja Utara menghadirkan ajang sport tourism Toraja Marathon 2017, pada 29 Juli mendatang. Peserta bisa merasakan serunya berlomba lari sembari melihat pemandangan alam yang eksotis.

Toraja Marathon digelar untuk kali kedua setelah ajang serupa pada Agustus 2016. Kali ini peserta kembali diajak melintasi objek-objek wisata unggulan pada dua daerah.

"Kali ini kami menargetkan total 1.500 peserta baik dari dalam maupun luar sulawesi, dan juga peserta internasional," kata Panitia Inti Toraja Marathon 2017 Edward Anugrahwan, saat konferensi pers di Makassar, Rabu 3 Mei 2017.

Toraja Marathon dibuka untuk empat kategori lomba. Masing-masing 5 kilometer, 10 km, 21 km, dan full maraton 42 km. Trek terdiri dari kombinasi jenis road running dan semi trail, dengan melintasi kota dan desa penduduk asli suku Toraja. Adapun hadiahnya disebut mencapai ratusan juta rupiah.

Rute lari pada kejuaraan ini antara lain melintasi kampung adat berusia ratusan tahun, persawahan, pemukiman kampung adat, dan tempat pemakaman kuno. Masing-masing wilayah selama ini terkenal sebagai objek wisata Toraja.

"Khusus pelari 21K dan 42K akan melintasi 6 kecamatan di dua kabupaten, yang mana penduduk lokal di setiap wilayah akan menyambut dan memberi semangat melalui kesenian musik dan budaya tradisional," ujar Edward. 

Panitia membuka pendaftaran melalui dua cara, yakni online dan offline. Pendaftaran online bisa diakses melalui situs www.torajamarathon.com sebelum 14 Juli. Adapun pendaftaran offline dibuka di tiga kota, Makassar, Makale, dan Rantepao sejak 8 Maret.

"Kami optimistis mencapai target karena ajang ini menawarkan konsep berbeda dari kompetisi lari pada umumnya," Edward melanjutkan. "Kali ini kita juga buka kelas pelajar karena peminatnya cukup tinggi," dia menambahkan.

Untuk menjamin keamanan dan kenyamanan peserta, panitia juga telah mempersiapkan diri. Baik itu melalui pengamanan berlapis di sepanjang trek, maupun kesiagaan tim medis di sejumlah titik sepanjang rute.


(ALB)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

1 month Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA