Bawaslu Ingatkan Sanksi Buat Parpol Kampanye saat Bencana

Raiza Andini    •    Rabu, 18 Oct 2017 12:07 WIB
gunung berapipilkada serentakerupsi gunungerupsi gunung agung
Bawaslu Ingatkan Sanksi Buat Parpol Kampanye saat Bencana
Sejumlah pengungsi Gunung Agung beraktivitas di tempat penampungan di GOR Suwecapura, Klungkung, Bali. Foto: Antara/Nyoman Budhiana

Metrotvnews.com, Denpasar: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bali mengecam partai politik dan kandidat Pilgub memanfaatkan bencana Gunung Agung sebagai ajang kampanye terselubung. Bawaslu memastikan bakal memberi sanksi tegas bagi yang berani berpolitik uang di pengungsian.

"Apalagi calon melakukannya secara massif. Kalau terbukti bisa didiskualifasi calon itu. Kalau sudah bersifat masif secara administrasi terstruktur dan sistematis akan dikenakan sanksi pidana," ungkap Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Rudia di Denpasar, Selasa 17 Oktober 2017.

Rudia telah membicarakan hal ini kepada seluruh partai politik. Momen musibah tidak boleh digunakan sebagai ajang untuk berkampanye.

"Manakala itu terjadi, begitu masuk ke tahapan(kampanye), tentu kami akan bertindak. Kalau dengan tujuan tertentu itu sudah masuk pelanggaran," tambahnya.

Partai politik diminta mengedepankan sisi kemanusiaan saat membantu para pengungsi dan membebaskan mereka untuk menentukan siapa yang bakal menjadi pemimpin Bali tanpa embel-embel apapun. Momen bencana, kata dia, tak boleh dikotori politik praktis.

"Bantu mereka dengan tulus ikhlas jangan dikotori. Sekarang ini penerima dan pemberi bisa kena sanksi pidana. Kasihan pengungsinya," tandasnya.


(SUR)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA