Pembongkaran Gedung Panin Tambah 400 Ton Beban

Meilikhah    •    Senin, 17 Oct 2016 12:38 WIB
bangunan ambruk
Pembongkaran Gedung Panin Tambah 400 Ton Beban
Penampakan gedung Panin Bank yang terbengkalai sebelum dirobohkan. (Foto: Metrotvnews.com/Batur Parisi)

Metrotvnews.com, Tangerang: Pembongkaran gedung Panin Bank di Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten, belum menunjukkan hasil. Kontraktor mengaku kesulitan merobohkan gedung setinggi 21 lantai itu lantaran kuatnya konstruksi gedung.

Pada Jumat 14 Oktober 2016 lalu, kontraktor mulai membongkar gedung menggunakan 150 ton beban berupa karung-karung berisi pasir yang diletakkan di atas gedung. Namun, cara tersebut rupanya tak membuat struktur gedung menurun dan menimbulkan efek domino. Kontraktor menambah lagi 30 ton, dengan total 180 ton beban.

Menurut Project Manager PT Wahana Infonusa, Ari Yudhanto, pembebanan 150-180 ton sudah sesuai dengan metode untuk meruntuhkan bangunan sejenis. 

"Tapi setelah kita kaji dan evaluasi ternyata tak menambah penurunan yang signifikan. Sehingga kita tambah 350-400 ton beban," kata Ari Yudhanto, Senin (17/10/2016).

Ari mengatakan penambahan beban diharapkan mampu meruntuhkan bagian atas gedung yang kemudian meruntuhkan bagian bawah gedung lainnya secara vertikal.

Namun, jika metode tersebut tak berhasil, pihaknya telah mempersiapkan metode lain untuk meruntuhkan gedung. Ari menambahkan, penambahan beban sebesar 220 ton itu akan dilakukan bertahap dalam sepekan ke depan.

"Jika tidak terjadi, beberapa alternatif seperti pembebanan dinamik beton akan dilakukan," kata Ari.


(MEL)