Pelembang jadi Incaran Pengedar Narkoba

Antara    •    Rabu, 06 Sep 2017 13:15 WIB
narkoba
Pelembang jadi Incaran Pengedar Narkoba
ILustrasi sabu--Metrotvnews.com/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Palembang: Kota Palembang, Sumatera Selatan, menjadi incaran pengedar narkoba sejak satu dekade terakhir. Padahal, puluhan tahun silam, Palembang hanya dijadikan jalur transit.

"Kini gembong ingin mengedarkan narkoba di Palembang. Setiap tahun pasar di kota ini berkembang dan bergerak menjadi kota metropolitan," kata Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Palembang Subari di Palembang, Rabu 6 September 2017.

Menurut dia, Palembang diincar karena jalur transportasi antarprovinsi di sana relatif lancar. Narkoba diyakini sudah menyebar hingga ke seluruh lapisan masyarakat.

Baca: Bawa Sabu 4 Kg, Pasutri Ditangkap di Palembang

Oleh karena itu pengawasan serta pencegahan harus ditingkatkan. Saat ini BNN Kota Palembang sedang mempersiapkan langkah efektif untuk memerangi narkoba.

"Kerap dilakukan sidak, diadakan tes urine tapi tetap saja tidak efektif. Kami sedang mengkaji metode apa yang paling efektif," kata dia.



Saat ini BNN sedang mempersiapkan Satgas Narkoba yang terdiri dari semua komponen penegak hukum seperti, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan hingga masyarakat. "Kami sedang siapkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota," kata dia.

Kepala BNN Provinsi Sumsel Brigjend Anthoni Hutabarat mengatakan, penyebaran narkoba Sumsel mencapai 1,74 persen dari total penduduk, atau sekitar 102 ribu pengguna narkotika di Sumsel.

Pengguna kebanyakan umur produktif dengan rentang usia 14-59 tahun. Berdasarkan survei Universitas Indonesia (UI) dan BNN pada 2016 diketahui Sumsel berada pada urutan 11 dengan jumlah pengguna narkoba terbanyak di Tanah Air.


(YDH)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA