Petani Sulut Diajak Kembali Budidayakan Vanili

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 13 Apr 2018 15:00 WIB
pertanian
Petani Sulut Diajak Kembali Budidayakan Vanili
Seorang pekerja memeriksa vanili. Foto: Antara/Anis Efizudin

Manado: Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengajak para petani untuk kembali membudidayakan vanili. Sebab, harga vanili semakin melejit.

Menurut politikus PDI Perjuangan ini, hasil pertanian vanili menjadi primadona di Sulawesi Utara pada era 90-an. Namun, petani beralih dan enggan membudidayakan vanili lantaran harganya anjlok memasuki tahun 2000.

"Tapi saat ini harga vanili mulai baik, bahkan pada tahun 2017 lalu harga vanili bisa menembus Rp3 juta per kilogram, peningkatan harga ini karena permintaan pasar semakin meningkat," kata Olly, di Manado, Jumat, 13 April 2018.

Petani di Sulut diajak untuk kembali menanam vanili demi mengembalikan kejayaan vanili Sulut yang sempat hilang. Pengelolaan tanaman vanili akan menggunakan teknik modern.

Olly mengakui pemerintah tidak bisa intervensi lebih jauh harga vanili di pasaran. Tapi, pemerintahan akan membantu petani agar kualitas vanili petani Sulut meningkat.

"Nantinya melalui instansi terkait yakni Dinas Pertanian Sulut para petani akan diajarkan bagaimana budidaya vanili dengan cara modern dan menghasilkan vanili dengan kualitas terbaik untuk berbagai bahan baku yang menggunakan vanili," pungkasnya.


(SUR)