Gubernur Bali Berdoa Gunung Agung Tak "Mengamuk"

Raiza Andini    •    Kamis, 14 Sep 2017 19:25 WIB
erupsi gunung
Gubernur Bali Berdoa Gunung Agung Tak
Ilustrasi: MTVN/Rakhmat Riyandi

Metrotvnews.com, Buleleng: Kementerian ESDM telah menyatakan aktivitas Gunung Agung berstatus waspada. Gubernur Bali Made Mangku Pastika berharap gunung tertinggi di Bali itu segera kembali normal dan tidak "mengamuk".

"Kita harapkan baik-baik saja. Kita memohon, baik sekale maupun niskala, supaya melindungi Bali. Mudah-mudahan tidak akan berlanjut," terang Mangku Pastika di Buleleng, Kamis 14 September 2017.

Pemprov Bali meminta semua petugas, mulai dari SAR, BNPB, BPBD, maupun BMKG tetap bersiap siaga. Dia berharap para petugas segera memberikan arahan kepada masyarakat sekitar Gunung Agung. Terutama untuk antisipasi dampak yang akan terjadi jika gunung tersebut kembali mengeluarkan kepulan asap vulkanik.

(Klik juga: Gunung Agung Berstatus Waspada, Masyarakat Diminta Tenang)

"Kita dalam kondisi awas. Beratti semua aparat, yang bersangkutan BPBD daerah setempat, saya kira semua sudah siaga," pungkasnya.

Pos Pengamatan Gunung Api Gunung Agung di Remdang mencatat peningkatan aktivitas gunung Agung. Seismograf merekam 99 kali gempa berukuran kecil dan sedang sepanjang bulan ini. Erupsi juga dilaporkan terjadi.

(Baca: Gunung Agung Bererupsi, Penerbangan di Bali Masih Aman)

 


(SUR)