Tes SBMPTN Berbasis Komputer bakal Dikembangkan Tahun Depan

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 17 May 2017 14:28 WIB
pendidikansbmptnujian sbmptn
Tes SBMPTN Berbasis Komputer bakal Dikembangkan Tahun Depan
Menristek Dikti berswafoto dengan para peserta ujian keterampilan SBMPTN di UNM, Rabu 17 Mei 2017.--MTVN/Andi--

Metrotvnews.com, Makassar: Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) bakal mengembangkan tes berbasis komputer pada pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun depan. Model ujian tersebut dianggap cukup efektif dan tidak punya kendala berarti di lapangan.

Menteri Ristek Dikti Muhammad Nasir mengatakan, SBMPTN tahun 2017 diikuti 797.738 peserta se-Indonesia. Sebanyak 20 ribu lebih di antaranya mengikuti tes berbasis komputer (CBT). Jumlah tersebut meningkat pesat dibandingkan tahun lalu, saat CBT diikuti sekitar 2.500 peserta SBMPTN.

"Harapan kita setiap tahun bisa bertambah. Tahun depan bisa dua kali lipat," kata Menteri Nasir saat memantau ujian kompetensi SBMPTN di Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar, di kawasan Banta-bantaeng Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu 17 Mei 2017.

Menurut Nasir, model ujian berbasis komputer sesuai dengan kemajuan zaman di era teknologi. Saat ini, kata dia, sebagian besar aktivitas masyarakat dilakukan secara elektronik. Model tersebut juga cukup bermanfaat dalam upaya penghematan biaya, sebab ongkos operasional berupa pencetakan kertas bisa ditekan.

"Teknologi tidak bisa kita hindari. Masyarakat juga bisa menerima dengan baik. Juga ada sistem keamanan yang lebih baik," ujar Nasir.

Tahun ini momentum ujian SBMPTN bersinggungan dengan maraknya ancaman virus atau malware WannaCry. Namun Nasir memastikan hal tersebut tidak sampai mengganggu para peserta. Sistem ujian juga tidak terkena dampaknya.

"Kemarin aman, tidak ada masalah. Sudah diantisipasi, dikendalikan dengan baik. Intinya sistem ini berjalan dengan baik, dan ke depannya akan dikembangkan lagi," Nasir menambahkan.

Tahun ini SBMPTN dikoordinasikan oleh 42 panitia lokal yang mencakup 85 perguruan tinggi negeri di Indonesia. Peserta memperebutkan total kuota kursi 128.085. Ujian tertulis digelar serentak pada Selasa 16 Mei. Adapun untuk bidang ilmu keolahragaan, peserta mengikuti uji keterampilan pada hari ini, 18 Mei. 

Hasil ujian SBMPTN akan diumumkan pada Selasa 13 Juni 2017. Informasi tersebut dapat diakses pada laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.



(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA