Pemprov Sulut Kirim Tagana ke Lombok

Mulyadi Pontororing    •    Jumat, 10 Aug 2018 15:15 WIB
Gempa Lombok
Pemprov Sulut Kirim Tagana ke Lombok
Warga mengungsi di lokasi pemakaman warga keturunan Tionghua di Bintaro Jaya, Mataram, NTB, Jumat (10/8). MI/RAMDANI.

Manado: Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengirim 10 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk membantu korban bencana gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Sekretaris Provinsi Sulawesi Utara, Edwin Silangen mengatakan, bantuan tersebut dikirim untuk membantu proses evakuasi maupun meringankan beban korban.

"Tunjukan kemampuan masing-masing agar bisa membantu meringankan beban korban, tunjukan solidaritas sesama anak bangsa," kata Silangen setelah melepas personel Tagana di Lobby Kantor Gubernur, Jalan 17 Agustus, Manado, Jumat, 10 Agustus 2018. 

Silangen juga berpesan agar Tagana dapat menjadi duta Sulut dan dapat menunjukan sikat gotong royong jika ada bencana di daerah maupun luar daerah.

"Ingat waktu bencana banjir melanda Sulut, banyak masyarakat luar datang membantu, sebaliknya terjadi bencana diluar kita berempati membantu para korban," jelas Silangen.

Silangen berharap bantuan yang diberikan hendaknya tidak hanya dilihat dari dukungan logistik yang terbatas, namun ini adalah mengenai itikad rasa solidaritas yang di tunjukan Rakyat Sulawesi Utara melalui Tagana.

"Doakan semoga korban bencana alam dikuatkan, semoga tidak lagi terjadi bencana di tanah air," ungkap Silangen. 

10 anggota Tagana asal Sulut tersebut nantinya akan menyiapkan dapur umum, memberikan layanan psikologis sosial, dan melakukan evakuasi penyelamatan para korban gempa di Lombok. Sesuai petunjuk Kementerian Sosial RI, mereka juga membawa serta bantuan terpal sebanyak 40 lembar, dan selimut sebanyak 240 lembar.


(DEN)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA