Gelombang Tinggi di Selat Makassar, Nelayan Diimbau tak Melaut

Andi Aan Pranata    •    Selasa, 19 Dec 2017 14:25 WIB
nelayan
Gelombang Tinggi di Selat Makassar, Nelayan Diimbau tak Melaut
Ilustrasi--Perahu nelayan dihantam gelombang (Foto: Ant/Dedhez Anggara)

Makassar: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi hujan lebat di sebagian wilayah Sulawesi Selatan selama beberapa hari ke depan. Hujan disertai petir dan angin kencang umumnya akan terjadi di wilayah pesisir barat.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Siswanto mengatakan, daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat antara lain Pinrang, Pare-pare, Barru, Pangkajene, Maros, Gowa, Makassar, dan Takalar. Adapun daerah lain di Sulsel umumnya diprediksi bakal dilanda hujan dengan intensitas ringan atau sedang.

“Masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas lebat, antara siang hingga petang hari,” kata Siswanto kepada Medcom.id di Makassar, Selasa 19 Desember 2017.

Seiring masuknya musim penghujan, Makassar rutin dilanda hujan beberapa hari terakhir. Berdasarkan pantauan, hujan turun pada siang dan malam hari dengan jeda beberapa jam.

Menurut BMKG, suhu udara di Sulsel belakangan ini umumnya berkisar 20 hingga 32 derajat celsius. Dengan kelembaban udara 70 hingga 95 persen, angin berembus ke arah barat laut dengan kecepatan 10-40 kilometer perjam.

Lebih lanjut, Siswanto menjelaskan, hujan yang turun seiring dengan meningkatnya gelombang di perairan Sulsel. Menurut pantauan, di Selat Makassar serta perairan barat Sulsel tinggi gelombang berkisar 2,5-4 meter. Adapun di bagian selatan Sulsel yang berbatasan Laut Flores, gelombang mencapai 1,25-2,5 meter.

“Untuk sementara, nelayan perikanan tangkap kami imbau untuk jangan melaut dulu. Karena ketinggian gelombang sangat berbahaya, terutama untuk nelayan dengan kapal kecil,” ujarnya.



(ALB)

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

Eks Koruptor Wa Ode Nurhayati Ikut Pembahasan KTP-el

2 days Ago

Nurhayati yang saat itu masih duduk di Komisi II DPR bahkan mengetahui poin-poin pembahasan meg…

BERITA LAINNYA