Akbar Tandjung Sebut Pengurus Golkar harus Dirombak

Agung Widura    •    Jumat, 13 Oct 2017 09:53 WIB
partai golkar
Akbar Tandjung Sebut Pengurus Golkar harus Dirombak
Akbar Tandjung di acara KAHMI Pontianak, MTVN - Agung

Metrotvnews.com Pontianak: Akbar Tandjung prihatin dengan elektabilitas Partai Golkar yang menurun. Ini berisiko menggerogoti perolehan kursi di DPR RI untuk partai berlambang pohon beringin itu di masa depan.

Akbar menyebutkan hasil survei media Kompas pada Mei 2017 menyebutkan elektabilitas Golkar menyentuh 7,1 persen. Jumlah itu menurun ketimbang elektabilitas Golkar pada Pemilu 2014, yaitu 14,5 persen.

"Kalau hanya 7,1 persen berarti Partai Golkar hanya bisa memiliki 40 kursi di DPR. Saya sebagai mantan Ketua Umum Partai Golkar, saya tak ikhlas elektabilitas partai menurun," ungkap Akbar usai melantik pengurus KAHMI Kota Pontianak dan FORHATI Pontianak di Pontianak Convention Center, Kalimantan Barat, Kamis malam 12 Oktober 2017.

Menurut dia, pengurus seharusnya segera memperbaiki masalah tersebut. Pengurus harus menyiapkan strategi untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas partai. Bila perlu, perombakan dilakukan secara besar-besaran.

Bila elektabilitas menurun hingga 4 persen, kemungkinan besar Golkar tak akan bisa mendudukkan wakilnya di DPR pada Pemilu 2019. 

"Harus ada perombakan besar-besaran agar Golkar bisa bangkit kembali," tegasnya.

Akbar juga menyinggung kasus dugaan korupsi KTP-el yang menjerat Ketua Umum Setya Novanto. Memang, kata Akbar, kasus tersebut sudah di-praperadilkan. Setya juga lepas dari status tersangka.

"Tapi itu tak berarti opini publik terhadap Golkar membaik. Masyarakat sudah cerdas. Harus ada musyawarah nasional," ungkap Akbar.

Menurut Akbar, musyawarah nasional digelar untuk memperbaiki citra partai. Golkar juga harus mengantisipasi bila sewaktu-waktu KPK kembali menerbitkan Sprindik untuk menjerat Setya.

"Dengan adanya Sprindik baru berarti Setya kembali diadili. Ini harus diantisipasi dan disiapkan langkah untuk mengantisipasinya," ujar Akbar.


(RRN)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

1 hour Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA