Pariwisata Humbahas Harus Ditunjang Pembangunan Infrastruktur

M Studio    •    Sabtu, 15 Jul 2017 09:46 WIB
berita dpr
Pariwisata Humbahas Harus Ditunjang Pembangunan Infrastruktur
Komisi V DPR RI kunjungan ke Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut (Foto:Dok.DPR RI)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyaknya potensi pariwisata di Kabupaten Humbang Hasudutan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), harus ditunjang dengan pemajuan pembangunan infrastruktur yang baik. Diharapkan nantinya akan menarik wisatawan untuk berkunjung, sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah.
 
Demikian dikatakan Wakil Ketua Komisi V DPR Michael Wattimena di sela-sela kunjungan kerja spesifik guna melakukan peninjauan pembangunan infrastruktur dan transportasi di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumut, Kamis, 13 Juli 2017.
 
“Jika biasanya kita sebagai wisatawan hanya tahu destinasi Danau Toba, tapi ternyata ada potensi pariwisata lain di Kabupaten Humbahas yang bisa dikembangkan. Jika ini mau dikembangkan, maka harus ditunjang dengan infrastruktur yang baik,” ungkap politisi F-Demokrat tersebut.
 
Dalam kunjungan yang diikuti oleh perwakilan mitra kerja Komisi V DPR didampingi langsung Bupati Humbahas itu, mereka bersama-sama melihat kondisi infrastruktur khususnya bidang pariwisata yang ada di Kabupaten Humbahas. Menurut pantauan, tampak kondisi jalan rusak parah.  Melihat kondisi tersebut, Komisi V DPR berharap pembangunan infrastruktur pariwisata dapat segera dipercepat.
 
“Oleh karena itu, Komisi V DPR merasa perlu dan mendorong dalam anggaran tahun 2018. Secepatnya kami akan lakukan rapat dengan mitra dari Komisi V DPR terkait dengan pembangunan infrastruktur dalam menunjang pariwisata yang ada di Kabupaten Humbahas,” komitmen politisi asal dapil Papua Barat itu.
 
Hal senada juga diungkapkan Anggota Komisi V DPR Anthon Sihombing. Politisi F-PG itu turut mendorong percepatan pembenahan infrastruktur pariwisata yang ada di Kabupaten Humbahas. Menurutnya, berbagai potensi yang ada di Humbahas, dipastikan menarik untuk dikunjungi wisatawan.
 
“Objek-objek wisata yang indah dan bersejarah sangat banyak di sini. Ada Danau Toba, arung jeram, kita juga bisa melihat taman bunga yang sebelumnya juga sudah pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi, lalu ada makam Sisingamangaraja XII. Dengan panorama yang indah dan bersejarah itu, tentunya ini akan mengundang wisatawan untuk berkunjung. Maka dari itu pembangunan infrastruktur ini harus kita dorong,” papar politisi asal dapil Sumatera Utara itu.
 
Pada kesempatan yang sama, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menilai kedatangan Tim Komisi V DPR merupakan sebuah momentum demi terselenggaranya pembangunan infrastruktur di daerah yang dipimpinnya.
 
“Oleh karena itu kami berharap, dengan adanya kunjungan Komisi V DPR ini, Kabupaten Humbahas bisa mendapatkan porsi anggaran yang pas dan tepat agar ekonomi masyarakat bisa berkembang dan meningkat di kemudian hari,” harapnya.
 
Turut hadir dalam kunspek ini beberapa Anggota Komisi V DPR, diantaranya Saniatul Lativa (F-PG), Willem Wandik (F-PD), Hanna Gayatri (F-PAN), dan Sahat Silaban (F-Nasdem).


(ROS)