Banjarmasin Siap Jadi Tuan Rumah Kongres Sungai Indonesia

Denny S    •    Selasa, 22 Aug 2017 13:01 WIB
sungai
Banjarmasin Siap Jadi Tuan Rumah Kongres Sungai Indonesia
Warga menikmati perjalanan di atas Sungai Martapura di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan -- MI/Denny Susanto

Metrotvnews.com, Banjarmasin: Kota Banjarmasin terpilih menjadi tuan rumah Kongres Sungai Indonesia (KSI) ke-III yang dijadwalkan berlangsung pada Oktober 2017. Kota berjuluk Kota Seribu Sungai ini bertekad menjadi kota sungai terbaik di Indonesia.

"Koordinasi terkait persiapan pelaksanaan KSI terus kita lakukan. Kita berharap KSI di Banjarmasin berlangsung sukses," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Banjarmasin Gusti Ridwan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Salasa 22 Agustus 2017.

Gusti berharap, KSI ke-III dapat dihadiri Presiden Joko Widodo dan sejumlah instansi terkait. Peserta kongres juga tidak hanya dari Indonesia, tetapi juga perwakilan luar negeri.

Kepala Bidang Sungai dan Drainase Dinas PUPR Banjarmasin Joko Pitoyo menambahkan, terpilihnya Banjarmasin sebagai tuan rumah KSI layak disyukuri. Sebagai kota sungai, akan banyak manfaat didapat sebagai tuan rumah dan bagi pembangunan kota dari kegiatan berskala nasional tersebut.

Menurut Joko, banyak persoalan akan dibahas dalam kegiatan KSI, terutama menyangkut kondisi sungai di Indonesia yang sekarang menghadapi masalah pencemaran, pendangkalan, dan kerusakan ekosistem.

"Hampir seluruh sungai berubah menjadi tempat pembuangan sampah dan limbah. Upaya normalisasi dan pembangunan berbasis sungai harus melibatkan banyak pihak terutama peran serta masyarakat dan komunitas peduli lingkungan," ujarnya.

KSI III Banjarmasin mengambil tema `Sungai Sebagai Pusat Peradaban`. Dari kongres ini, diharapkan ada masukan dalam menyusun rancangan hidup dan kesejahteraan bersama, terutama masyarakat sekitar sungai.

Pada KSI ini juga diharapkan lahir inovasi-inovasi baru dalam budaya sungai dengan segala macam pendekatan yang ujung-ujungnya adalah keselarasan hidup antara warga dan sungai. Sejumlah organisasi dan komunitas lingkungan di Banjarmasin mendukung terlaksananya kegiatan KSI ke III termasuk Pena Hijau Indonesia.


(NIN)