Patroli Gabungan Cegah Penyelundupan Melalui Perairan Kalbar

Agung Widura    •    Kamis, 08 Mar 2018 17:25 WIB
narkobapenyelundupan
Patroli Gabungan Cegah Penyelundupan Melalui Perairan Kalbar
Petugas gabungan saat berpatroli di perairan Sungai Kapuas, Pontianak, Kamis, 8 Maret 2018. Foto: Medcom.id/ Agung Widura

Pontianak: Wilayah perairan menjadi salah satu pintu masuk yang kerap digunakan penyelundup memasukkan atau mengirimkan barang haram. Beberapa kasus penyelundupan terungkap, terakhir di Kepulauan Riau.

Patroli gabungan Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan, Bea Cukai, Ditres Narkoba Polda Kalbar, Lantamal XII Pontianak, Ditjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan Pontianak kerap dilakukan untuk menyisir perairan Kalimantan Barat. Ini untuk mencegah hal serupa terjadi

Patroli gabungan juga kembali dilakukan Direktorat Polair Polda Kalbar dan instansi lain pada Kamis, 8 Maret 2018. Direktur Polair Polda Kalbar Kombes Alex Fauzi Rasad mengatakan patroli gabungan kali ini untuk mengantisipasi penyelundupan narkoba dan sejumlah barang haram lain.

"Untuk mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, seperti beberapa waktu yang lalu masuknya narkoba melalui Riau. Kita tidak mau kecolongan," ungkap Alex. Dia menyebut patroli akan dilaksanakan selama beberapa hari ke depan.

Patroli TNI AL Gugus Kemanan Laut Armada Bagian Barat (Guskamla Armabar) menggagalkan upaya penyeludupan narkoba seberat satu ton melalui Selat Philip, Kepulauan Riau, pada 10 Februari 2018. Sepekan setelahnya, sebuah kapal berkamuflase sebagai kapal nelayan berusaha menyelundukan 1,6 ton sabu di perairan Kepulauan Riau.

(Baca: Kapal Ikan Hanya Kamuflase Selundupkan 1,6 Ton Sabu)

Informasi penggunaan pulau-pulau kosong di pesisir Riau sebagai lokasi transit narkoba diungkap oleh tersangka narkoba yang diringkus BNN Riau baru-baru ini.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Narkoba BNN Riau, AKBP Haldun beberapa waktu lalu mengatakan bahwa terdapat pulau-pulau kosong di pesisir Riau sebagai "gudang" narkoba.

(Baca: Pulau tak Berpenghuni Dijadikan 'Gudang' Penyimpanan Narkoba)




(SUR)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA