Dianggap Berbau Separatisme, Akun Facebook ForBALI Bakal Ditindak Polisi

Antara, Fauzan Hilal    •    Rabu, 21 Sep 2016 13:50 WIB
reklamasi teluk benoa
Dianggap Berbau Separatisme, Akun Facebook ForBALI Bakal Ditindak Polisi
Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi (ForBALI) . Foto: Antara/Widodo S. Jusuf.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Bali masih menyelidiki kasus gerakan separatisme yang diduga dilakukan Forum Rakyat Bali Tolak Reklamasi Teluk Benoa (ForBALI).
 
Kabid Humas Polda Bali, Kombes Anak Agung Made Sudana mengatakan, segala bentuk postingan dan bukti-bukti penguat telah dikumpulkan institusinya."Kita sudah kumpulkan semua bukti-buktinya," kata Sudana, Rabu (21/9/2016).
 
Bukti penguat yang dimaksudnya itu di antaranya postingan aktivis ForBALI di situs jejaring sosial Facebook. Salah satunya akun atas nama Hadi Joban yang memposting status "Merdeka dari NKRI harga mati!" pada 12 Agustus lalu.
 
Sebelumnya, pada 10 Agustus aktivis ForBALI atas nama Indra Jaya menulis status "Rakyat Bali akan terus melawan sampai Bali Merdeka!".
 
Hal senada juga diungkapkan oleh aktivis lainnya dengan nama akun Putu Gent. Ia menulis status "Salam BTR. Hari kemerdekaan tapi Bali konden merdeka.kibarkan bendera Forbali."
 
Pada status terpisah ia memposting "Bali belum merdeka karena FORBALI masih memperjuangkan Kemerdekaan Bali".
 
Jika nanti hasil analisis telah selesai, kata Sudana, pihaknya akan mengambil langkah terkait separatisme ForBALI. "Pasti kita ambil tindakan. Tapi seperti apa, itu nanti setelah analisis bukti-bukti selesai," ujarnya.

Baca: Reklamasi Teluk Benoa, Ketua MPR: Yang Penting Ada Amdal

Sebelumnya, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan meminta kepada masyarakat agar tidak terburu-buru menolak reklamasi Teluk Benoa, Bali. "Yang penting lihat dulu amdalnya, ada atau tidak," kata Zulkifli

Rencana reklamasi Teluk Benoa telah disetujui oleh Komisi VII DPR RI, tapi mendapat penolakan dari masyarakat Bali. Hal ini terjadi karena masyarakat setempat khawatir reklamasi akan mengganggu mata pencarian nelayan dan merusak lingkungan.

Dikutip Wikipedia, amdal atau analisis dampak lingkungan adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan atau kegiatan di Indonesia.

Amdal dibuat saat perencanaan suatu proyek yang diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap lingkungan hidup di sekitarnya. Yang dimaksud lingkungan hidup ialah aspek abiotik, biotik dan kultural.

Dasar hukum amdal di Indonesia adalah Peraturan Pemerintah No. 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan Hidup yang merupakan pengganti PP 27 Tahun 1999 tentang Amdal. Di Indonesia, amdal telah dilaksanakan sejak 1982
(FZN)

Paradoks di Pilgub DKI Jakarta

Paradoks di Pilgub DKI Jakarta

2 minutes Ago

Pilkada Serentak gelombang II lebih berwarna, khususnya di DKI Jakarta. Karena dari enam orang …

BERITA LAINNYA
Video /