Penularan AIDS di Tangerang Didominasi Faktor Hubungan Sejenis

Farhan Dwitama    •    Rabu, 30 Nov 2016 12:01 WIB
aids
Penularan AIDS di Tangerang Didominasi Faktor Hubungan Sejenis
Ilustrasi AIDS, sumber foto: humanillnesses

Metrotvnews.com, Tangerang: Dulu, penggunaan jarum suntik untuk narkotika menjadi cara penularan HIV/AIDS. Namun, kini, di Tangerang, Banten, penularan virus itu bergeser: perilaku hubungan seks sesama jenis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, pergeseran penularan itu terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Justru, orang hidup dengan HIV/AIDS yang tertular dari penggunaan jarum suntik lebih sedikit.

"Belakangan ini yang banyak kami temukan penularan melalui perilaku lelaki suka (berhubungan intim) pada lelaki dan wanita tuna susila (WTS). Penularan melalui penggunaan jarum suntik narkotika sedikit," ungkap Liza di ruang kerjanya di Tangerang, Rabu (30/11/2016).

Liza mengatakan jumlah ODHA di Tangerang sebanyak 1.049 orang. Data itu dikumpulkan mulai 2004 hingga 2016.

"Kalau untuk tahun 2016, kami mendata 43 kasus," ujar Liza.

Liza mengatakan Dinas Kesehatan terus menyosialisasikan bahaya HIV dan AIDS. Dinas melibatkan mahasiswa dan bidan meneruskan sosialisasi itu ke masyarakat.

Misalnya, bidan menyarankan perempuan hamil memeriksan darah. Itu untuk memastikan perempuan tersebut bebas dari virus mematikan itu.

"Andaikan virus itu terdeteksi, tim medis akan melakukan cara agar virus tak menular pada bayi dalam kandungannya," kata Liza.

Selain itu, Dinas juga mengembangkan layanan komperhensif berkelanjutan (LKB) di 9 Puskesmas dan 17 Puskesmas. Salah satu layanan yaitu pendeteksian HIV.



(RRN)