Sudah di Pesawat, Calon Haji Papua Barat Gagal Berangkat

Andi Aan Pranata    •    Rabu, 09 Aug 2017 13:48 WIB
haji 2017
Sudah di Pesawat, Calon Haji Papua Barat Gagal Berangkat
Calon haji dalam kloter 16 embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan. (Metrotvnews.com/Aan Pranata)

Metrotvnews.com, Makassar: Seorang calon haji asal Papua Barat bernama Syamsuri Sutio, meninggal di Makassar sesaat sebelum diterbangkan ke Madinah, Arab Saudi, Rabu pagi, 9 Agustus 2017.

Syamsuri yang tergabung dalam kloter 16 Embarkasi Makassar telah berada dalam pesawat Garuda Indonesia di Bandara Sultan Hasanuddin. Namun pria berusia 57 tahun itu terkena serangan jantung, yang mengharuskannya dilarikan ke rumah sakit Universitas Hasanuddin.

“Beliau kemudian mengembuskan nafas terakhirnya di rumah sakit,” kata Wakil Kepala Bidang Dokumen PPIH Embarkasi Makassar H Solihin.

Kloter 16 Embarkasi Makassar sedianya berangkat dengan total 455 calon haji. Namun satu batal karena meninggal, sedangkan satu lainnya tertunda. Yang terakhir merupakan istri almarhum bernama Siti Khotimah Sadi Kabul.

“Istri almarhum hendak membawa pulang jenazah suami ke rumahnya di Kabupaten Sorong (Papua Barat). Nanti dia menyusul kalau ada kursi yang kosong,” kata Solihin.

Sejauh ini Embarkasi Makassar telah memberangkatkan 7.249 calon haji, melalui 16 kloter. Pada musim haji 2017, rencananya diberangkatkan 15.911 orang dari delapan provinsi di Indonesia bagian timur.

Pada pelepasan kloter 16 Rabu pagi, Sekretaris PPIH Embarkasi Makassar Kaswad Sartono menyampaikan kepada jemaah haji agar senantiasa menjaga kesehatan selama di Tanah Suci. Dia juga berharap para jemaah agar senantiasa bersabar dan berdoa memohon pengampunan Allah.

“Semua jemaah dari berbagai suku bangsa dikumpulkan di Tanah Suci, tidak dibedakan antara si kaya dan si miskin, pangkat, dan jabatannya,” ujar Kaswad.


(SAN)