21.830 Siswa di Tangsel mengikuti USBN

Farhan Dwitama    •    Selasa, 18 Apr 2017 16:15 WIB
ujian nasional
21.830 Siswa di Tangsel mengikuti USBN
Ilustrasi--Antara/Irwansyah Putra

Metrotvnews.com, Tangerang: Sebanyak 21.830 pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kota Tangerang Selatan mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) Selama 7 hari dari tanggal 17-22 April 2017. Sebagian mereka tampak gugup dan santai menghadapi ujian yang menentukan kelulusan mereka untuk lanjut ke tingkat SMA.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Menengah pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan, Muslim memastikan pelaksanaan USBN kali ini tidak mendapati kendala yang berarti dari sisi teknis pelaksanaan ujian dengan kertas ini. 

"Tidak ada kendala,hanya ada perbedaan tanggal pada keterangan soal yang diujikan ditiga mata pelajaran, yakni pendidikan agama, IPS dan PPKN" kata Muslim, Selasa 18 April 2017.

Muslim menjelaskan, materi soal USBN terdiri dari 25 persen soal dari kementerian pusat dan 75 persen musyawarah Guru Mata Pelajaran se Kota Tangerang Selatan. hal itu lantaran materi ujian disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah se kota Tangerang Selatan.

"Memang berbeda dengan Ujian Nasional bedasarkan irisan dari kurikulum 2013 dengan 2006" terangnya. 

Dirinya berpesan kepada peserta USBN untuk sungguh-sungguh mengerjakan soal yang ada pada materi ujian.  Sebab sangat menentukan kelulusan para siswa. 

"Maka diimbau agar para siswa harus sungguh sungguh mengikutinya," ucap Muslim.


(ALB)