Pemudik Bisa Menginap di Pelabuhan Makassar

Andi Aan Pranata    •    Minggu, 18 Jun 2017 17:19 WIB
mudik lebaran 2017
 Pemudik Bisa Menginap di Pelabuhan Makassar
Pos pelayanan terpadu angkutan lebaran --MTVN/Andi--

Metrotvnews.com, Makassar: Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, menyediakan tempat tidur di terminal bagi penumpang kapal selama masa mudik lebaran. Tempat tidur bisa digunakan penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan dan keterbatasan biaya.

"Fasilitas pendukung itu bagian dari pelayanan untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan karena kendala teknis," kata Direktur Utama PT Pelindo IV Doso Agung di Makassar, Minggu, 18 Juni 2017.

Doso mengungkapkan, Pelindo IV telah menyediakan berbagai fasilitas untuk memanjakan pemudik yang menggunakan jalur laut di Pelabuhan Makassar. Fasilitas melengkapi ruang terminal tunggu penumpang dengan daya tampung empat ribu orang. 

Fasilitas yang dimaksud antara lain, pendingin udara, pengisi daya ponsel, ruang kesehatan, dan ruang menyusui. Ada juga air kran siap minum, toilet bersih, mushala, serta kursi roda untuk disabilitas. Terminal dipastikan hanya diperuntukkan bagi calon penumpang.

"Tidak akan ada lagi penumpukan penumpang di ruang tunggu. Hanya penumpang yang ingin berangkat saja yang dipersilahkan masuk ke sana,” ujar Doso.

Pada sisi keamanan, Pelabuhan Makassar bekerjasama dengan berbagai aparat keamanan. Antara lain dari security internal Pelindo IV, Polres Pelabuhan, Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) serta Lantamal dan K9 Polda Sulsel. Personel juga dilengkapi alat keamanan terkini seperti metal detector dan kamera pengintai.

"Untuk berbagai keperluan penumpang, kita sediakan posko terpadu yang mulai berfungsi pada H-20. Posko dilengkapi dengan info cuaca dan informasi lainnya yang memudahkan perjalanan mereka menuju kampung halaman," Doso mengatakan.

Pelindo IV memprediksi pada tahun ini lonjakan penumpang saat mudik Lebaran meningkat sekitar 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Di mana pada musim mudik tahun lalu, hingga H-3 Lebaran, penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar mencapai kurang lebih 107.909 orang.


(ALB)