Gubernur Aceh Diimbau Pertimbangkan Tingginya Harga Daging Sapi pada Hari Meugang

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 13 Sep 2017 11:08 WIB
berita dpd
Gubernur Aceh Diimbau Pertimbangkan Tingginya Harga Daging Sapi pada Hari Meugang
Ilustrasi daging sapi (Foto:Antara/Ferdian Ananda Majni)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menyatakan dukungan agar daging sapi dan kerbau dijual dengan harga mahal pada saat hari Meugang (tradisi di Aceh) asalkan keuntungannya dinikmati petani. Hal tersebut disampaikan oleh Kadis Peternakan Aceh Zulyazaini Yahya pada saat menyaksikan acara Inseminasi Buatan (IB) upaya khusus (Upsus), Sapi Indukan Wajib Bunting (Siswab), dan pelaksanaan vaksinasi Septicaemia Epizootica (SE) pada ternak sapi masyarakat yang berlangsung di Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya, yang berlangsung belum lama ini.

Menanggapi pernyataan Gubernur Aceh tersebut, Anggota Komite II DPD RI asal Aceh, H Sudirman menilai pernyataan Gubernur Aceh Irwandi Yusuf merupakan cerminan harapan untuk meningkatkan kesejahteraan petani ternak di Aceh.

Namun di sisi lain, Sudirman meminta kepada Gubernur Aceh untuk mempertimbangkan harga daging bagi masyarakat Aceh yang kurang mampu. "Kita berharap, gubernur juga mempertimbangkan aspek keadilan bagi masyarakat Aceh dengan kondisi ekonomi kurang mampu,” ujar Sudirman, dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu, 13 September 2017.

Disampaikan Sudirman, prosesi Meugang merupakan tradisi sosial masyarakat Aceh yang bersifat sakral dalam artian membeli daging sapi atau kerbau menjadi keharusan bagi semua kalangan masyarakat Aceh, tidak terkecuali bagi masyarakat ekonomi lemah.

"Harga daging yang mahal tentu saja akan sangat berat bagi mereka di saat hampir tidak ada pilihan lain, kecuali membeli guna memenuhi tradisi makan daging bersama keluarga pada hari Meugang," ujarnya.

Selain itu, dalam proses transaksi hewan ternak untuk Meugang, keuntungan lebih besar cenderung berpihak pada pedagang daripada petani ternak sendiri, walau harga jual pasar terhadap sapi atau kerbau meningkat jelang tibanya Meugang.

"Karena peningkatan harga pasar secara signifikan cenderung terjadi di tingkat pedagang, walaupun dengan dasar justifikasi meningkatnya harga jual oleh petani," kata Sudirman.


(ROS)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA