Ribuan Liter Minyak Tanah Tumpah di Ambon

Hamdi Jempot    •    Rabu, 15 Aug 2018 15:13 WIB
bbm
Ribuan Liter Minyak Tanah Tumpah di Ambon
ilustrasi

Ambon: Ribuan liter bahan bakar minyak tanah di penampungan minyak Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Wayame, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Rabu, 15 Agustus 2018 tumpah. Tumpahan minyak tanah dari TBBM itu mengalir hingga Kali Kayu Hehe Wayame, Desa Wayame, dan lepas pantai Teluk Ambon.

Pantauan di lokasi, ratusan warga dari berbagai kawasan di Kota Ambon mendatangi lokasi untuk mengambil minyak tanah yang mengalir di kali tersebut. Warga membawa jeriken, botol hingga tong untuk menimba minyak tanah di lokasi kali. 

"Katanya tangki Pertamina bocor. Makanya saya dan warga lainnya datang ke sini untuk timbah minyak tanah yang tumpah di kali ini," kata Norman, seorang ibu dari Dusun Wailete Hative Besar, Kota Ambon.

Belum diketahui pasti penyebab tumpahan minyak tanah ini. Petugas TBBM Wayame yang ditemui di lokasi kejadian tidak mau berkomentar soal insiden ini. Sejumlah aparat Polda Maluku yang tiba di lokasi juga belum bisa mendapatkan informasi terkait tumpahan minyak ini.

Namun informasi yang diperoleh dilokasi kejadian menyebutkan, sebelum peristiwa ini dilakukan aktivitas bongkar muat BBM dari kapal tanker yang bersandar di Dermaga TBBM Wayame. Petugas lupa menutup tangki penampungan sehingga minyak tanah tumpah.

Untuk mencegah tumpahan minyak tanah ini sampai ke laut, petugas Pertamina TBBM Wayame langsung mengantisipasinya dengan memasang oil boom, penahan minyak. Petugas TBBM Wayame yang ditemui di lokasi belum mau berkomentar atas peristiwa ini. 

TBBM Wayame merupakan penyuplai BBM ke wilayah Provinsi Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat. Hingga kini, warga masih berdatangan ke lokasi kejadian untuk mengambil minyak tanah yang tumpah itu.


(ALB)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA