Wartawati Dibunuh Suami Sendiri

   •    Minggu, 19 Mar 2017 16:35 WIB
pembunuhan
Wartawati Dibunuh Suami Sendiri
Foto ilustrasi. (Metrotvnews.com/M Rizal)

Metrotvnews.com, Palu: Maria Jeane Agustiati, wartawati surat kabar Harian Palu Ekspres meregang nyawa di tangan suaminya sendiri, Rinu Yohanes Sandipu. Pertengkaran keluarga diduga menjadi penyebab tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) tersebut.

"Tersangka kami tangkap di rumah salah satu kediaman keluarganya di Dusun Tolana, Desa Bega, Kecamatan Poso Pesisir, Kabupaten Poso, semalam, sekitar pukul 22.00 Wita," kata Kapolres Palu AKBP Christ R. Pusung, dikutip Antara, saat rilis kasus, Minggu, 19 Maret 2017.

Menurut Kapolres, pembunuhan dipicu pertengkaran antara tersangka dan korban sejak Kamis, 16 Maret 2017 malam hingga keesokan harinya. Pada Jumat 17 Maret 2017 sekitar pukul 10.00 Wita, tersangka meninggalkan rumah kos dengan sepeda motor. Tersangka membawa serta uang Rp300 ribu milik korban.

Saat dibekuk, kata Kapolres, tersangka sedang menunggu jemputan untuk pergi ke tempat persembunyian lainnya. Dalam penangkapan, polisi Palu dibantu personel Polres Poso. Tersangka dengan kawalan ketat tiba di Mapolres Palu sekitar pukul 13.00 Wita.

Kepada petugas, tersangka Rinu Yohanes mengaku mencekik leher istrinya dengan selendang tidak sadarkan diri. Dia lalu membaringkan korban dengan posisi menghadap dinding.

Korban Maria, yang akrab dipanggil Manda oleh teman-teman jurnalis itu, ditemukan saudaranya pada Jumat sekitar pukul 13.00 Wita. Ia lalu dibawa ke RSU Woodward. 

Menurut keterangan tim medis, saat tiba di RSU, Manda sudah meninggal. Jenazahnya akan diterbangkan ke kampung halamannya di Kabupaten Manggarai, NTT, besok.

Tersangka bakal dijerat Pasal 44 ayat 3 UU 23/2004 tentang Penghapusan KDRT dengan ancaman maksimal 15 tahun penjara.


(SAN)