80% Jaringan Seluler di Sulteng Kembali Normal

Husen Miftahudin    •    Selasa, 09 Oct 2018 01:29 WIB
Gempa Donggala
80% Jaringan Seluler di Sulteng Kembali Normal
Kondisi Perumnas Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 1 Oktober 2018. Medcom.id/Surya Perkasa.

Jakarta: Sebesar 80 persen site base transceiver station (BTS) layanan seluler pascagempa di Sulawesi Tengah telah pulih. Jaringan backbone PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk rute Palu-Donggala dan Palu-Parigi-Manado juga telah pulih 100 persen.

"Kami bersyukur saat ini TelkomGroup telah berhasil memulihkan jaringan backbone dari dan menuju Palu, serta 80 persen site BTS layanan seluler. Kami akan terus memberikan yang terbaik hingga seluruh layanan telekomunikasi di Palu dan sekitarnya kembali seperti sediakala," kata Vice President Corporate Communication Telkom Arif Wibowo dalam keterangan resmi, Jakarta, Senin, 8 Oktober 2018.

Dalam upaya pemulihan tersebut TelkomGroup mengerahkan ratusan tenaga teknis terlatih, memobilisasi mobile genset dan mobile BTS. Telkom bersama PLN dan Pertamina terus bersinergi memulihkan catuan listrik dan penyediaan bahan bakar untuk genset.

TelkomGroup bersama tujuh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga mendirikan posko BUMN Peduli Bencana Sulteng. Posko tersebut untuk menyalurkan bantuan-bantuan bagi masyarakat yang terdampak. Ketujuh perusahaan BUMN tersebut ialah PLN, Pertamina, Pelindo IV, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, serta Bank BTN.

"Saat ini telah disalurkan sejumlah bantuan berupa tenda dan selimut, pakaian, bahan makanan dan dapur umum, air bersih dan MCK, layanan medis dan obat-obatan, serta bantuan lainnya senilai Rp22,5 miliar," beber Arif.

TelkomGroup juga menyediakan program bantuan khusus berupa fasilitas internet dan telepon gratis di 16 posko tanggap darurat. Selain itu, TelkomGroup juga menyediakan 157 lokasi wifi gratis di sembilan kota serta 50 menit paket gratis, dan 200 pesan singkat bagi para pengguna Telkomsel di Sulteng.

"Guna membantu penanganan korban bencana, TelkomGroup memberikan 1.000 kartu perdana Impati kepada aparat kepolisian serta para relawan bencana. Diharapkan ini dapat meringankan beban masyarakat Palu dan sekitarnya," tutup Arif.




(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA